Waspadai 9 Tanda Dehidrasi Berat Pada Anak

Waspadai 9 Tanda Dehidrasi Berat Pada Anak

Tanda dehidrasi pada anak -Pinterest-

BACA JUGA:Gelombang Panas Makin Ganas! Ini Pengaruhnya Bagi Kesehatan Tubuh

BACA JUGA:Jangan Sampai Tak Sadar! Ini Ciri-Ciri Badanmu Bau Tak Sedap

4. Penurunan Jumlah Urin

Anak yang mengalami dehidrasi berat mungkin berkemih lebih jarang dari biasanya. Pada bayi, popok mungkin tetap kering lebih lama dari biasanya.

Urin anak mungkin berwarna gelap dan dalam jumlah sangat sedikit. Ini merupakan tanda bahwa tubuh tidak memiliki cukup cairan untuk diproses.

5. Tingkat Kesadaran Menurun

Anak mungkin tampak sangat lelah, lesu, atau tidak aktif. Mereka bisa menunjukkan penurunan minat pada aktivitas normal, bermain, atau berinteraksi.

Selain itu, anak dapat tampak bingung, tidak responsif, atau mengalami kesulitan dalam berfokus. Dalam kasus yang sangat parah, anak bisa kehilangan kesadaran atau pingsan.

BACA JUGA:Cara Mudah Membuat Pupuk Kompos dari Daun Kering

BACA JUGA:Jangan Sampai Tak Sadar! Ini Ciri-Ciri Badanmu Bau Tak Sedap

6. Gejala Fisik Lainnya

Kulit anak mungkin terasa dingin dan lembab saat disentuh, atau tampak mengerut. Ini dapat menunjukkan bahwa tubuh anak sedang mengalami kesulitan dalam mengatur suhu.

Anak mungkin mengalami pernapasan yang cepat atau dangkal. Ini adalah reaksi tubuh terhadap kekurangan cairan dan upaya untuk meningkatkan oksigenasi.

7. Rasa Haus Ekstrem

Anak yang mengalami dehidrasi berat mungkin menunjukkan rasa haus yang sangat kuat dan terus-menerus meminta minum. Namun, jika mereka sangat lelah atau bingung, mereka mungkin tidak dapat meminta cairan secara aktif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: