6 Perbedaan Lip Balm dan Lip serum, Mulai dari Fungsi Hingga Ketahanan

6 Perbedaan Lip Balm dan Lip serum, Mulai dari Fungsi Hingga Ketahanan

Perbedaan lip balm dan lip serum-Pinterest: Stylecraze-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Bibir kita sering terpapar udara, sinar matahari, dan polusi, yang bisa membuatnya kering dan pecah-pecah. 

Untuk mengatasi itu, dua produk populer yang sering digunakan adalah lip balm dan lip serum. Keduanya memang membantu melembapkan bibir, tapi memiliki perbedaan dalam fungsi dan cara kerja.

Lip balm berfungsi sebagai pelindung permukaan bibir dari kekeringan, bekerja seperti "selimut" yang mengunci kelembapan. Lip serum, di sisi lain, lebih fokus pada perawatan mendalam. 

Serum ini diformulasikan dengan bahan aktif untuk menutrisi, meregenerasi, dan memperbaiki tekstur bibir dari dalam.

BACA JUGA:Membuat Pupuk Kompos dari Pohon Pisang, Ini Manfaatnya

BACA JUGA:Membuat Pupuk Organik dari Air Cucian Beras, Ini Manfaatnya

Jadi, lip balm untuk menjaga kelembapan harian, sementara lip serum untuk perawatan intensif bibir. Namun, mungkin banyak yang belum memahami perbedaan lip balm dan lip serum. Berikut akan dijelaskan secara rinci apa saja perbedaannya. 

1. Fungsi Utama

Lip balm berfungsi sebagai pelindung dan pelembap untuk bibir. Ia bekerja dengan membentuk lapisan di permukaan bibir untuk mengunci kelembapan dan melindungi bibir dari faktor eksternal seperti cuaca kering, angin, atau sinar matahari. Lip balm sering digunakan untuk mencegah bibir kering dan pecah-pecah.

Sementara itu, lip serum dirancang untuk perawatan mendalam. Ia memiliki bahan aktif yang menargetkan perbaikan bibir, seperti mengurangi garis halus, menghaluskan tekstur bibir, dan memperbaiki bibir yang rusak atau kering. Serum berfungsi menutrisi dan memperbaiki bibir dari dalam lapisan kulit.

2. Kandungan

Biasanya lip balm mengandung bahan seperti lilin, petroleum jelly, atau minyak yang berfungsi sebagai pelembap dan pelindung. Beberapa lip balm juga mengandung SPF untuk melindungi bibir dari sinar UV.

Sementara itu, lip serum mengandung bahan-bahan yang lebih kaya dan aktif seperti peptida, asam hialuronat, vitamin, dan antioksidan. Bahan-bahan ini membantu memperbaiki struktur kulit bibir, mempercepat regenerasi, dan memberikan kelembapan yang lebih dalam.

BACA JUGA:Memakai Masker Madu Setiap Hari Bisa Atasi Jerawat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: