Simak Apa Saja Penyebab dan Ciri-Ciri Freon AC Mobil yang Mulai Menipis

Simak Apa Saja Penyebab dan Ciri-Ciri Freon AC Mobil yang Mulai Menipis

Penyebab dan ciri-ciri freon mobil habis dan mulai menipis -Pinterest: kekitaan-

BENGKULUEKSPRESS.COM - AC mobil yang tidak memberikan udara dingin menjadi masalah umum yang dapat mengganggu kenyamanan saat berkendara, terutama di bawah teriknya matahari. 

Salah satu penyebab umumnya adalah habisnya atau berkurangnya tingkat Freon dalam sistem pendingin AC. Lalu apa penyebab lain dan ciri-ciri freon mobil yang habis? Simak ulasannya di bawah ini. 

Semua permasalahan tersebut bisa muncul karena fungsi utama freon pada AC mobil adalah untuk menyerap panas dari udara di dalam kabin mobil, sehingga udara yang dihasilkan bisa lebih sejuk.

Penyebab Freon AC Mobil Menipis

Freon AC Mobil Menipis tentunya ada penyebabnya. Oleh karena itu untuk mengetahui penyebab permasalahan tersebut silahkan simak pada bagian dibawah ini.

BACA JUGA:Lebih Cepat dan Gampang, Begini 5 Cara Membayar Pajak Motor di Indomaret

BACA JUGA:Berdampak Cepat Pada Kerusakan Mobil, Ketahui 7 Penyebab Bensin Mobil Suka Boros

1. Kebocoran

Salah satu penyebab utama rendahnya kadar freon adalah kebocoran pada sistem AC mobil. Kebocoran dapat terjadi pada berbagai komponen, seperti pipa, konektor, kondensor, evaporator, atau kompresor. 

Kondisi ini menyebabkan freon bocor keluar sistem sehingga jumlahnya berkurang dan mengganggu kinerja pendinginan.

2. Usia dan penggunaan jangka panjang

Seiring berjalannya waktu, komponen AC dapat aus dan bocor. Penggunaan daya AC secara terus-menerus atau jangka panjang dapat menurunkan kadar freon.

3. Penyolderan atau ketidaksempurnaan penyambungan

Penyolderan atau penyambungan yang tidak sempurna pada sistem AC juga dapat menjadi sumber kebocoran Freon. Panas atau getaran yang berlebihan dapat menyebabkan keretakan atau kebocoran pada titik sambungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: