Waspada Kehamilan Ektopik, Inilah 9 Penyebab Kram Perut Saat Hamil

Waspada Kehamilan Ektopik, Inilah 9 Penyebab Kram Perut Saat Hamil

Penyebab kram perut saat hamil -Pinterest: Dr. Amita Shah-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kehamilan memang bisa membawa banyak perubahan pada tubuh Anda. Perubahan selama Kehamilan ini bisa menyebabkan nyeri dan kram di beberapa bagian tubuh, termasuk perut.

Meski tidak terlalu mengkhawatirkan, bukan berarti ibu hamil bisa mengabaikan kondisi ini. Pasalnya, kram perut terkadang merupakan tanda komplikasi kehamilan tertentu yang perlu ditangani.

Sakit perut saat hamil bisa terjadi kapan saja selama kehamilan, baik pada trimester pertama, kedua, atau ketiga. Lokasi nyeri perut saat hamil bisa berbeda tiap trimesternya. Terkadang sakit perut terasa di bagian atas, namun bisa juga terjadi di bagian bawah.

Lalu apa yang menyebabkan perut keram saat hamil? Jika Anda ingin mengetahui penyebabnya, berikut ini adalah berbagai penyebab kram  perut saat hamil, termasuk awal kehamilan, dari yang normal hingga parah yang memerlukan perhatian khusus.

BACA JUGA:Simak Manfaat Tahu Siklus Menstruasi, Bisa Mendeteksi Gangguan Kesehatan

BACA JUGA:10 Manfaat Cuka Apel, Salah Satunya Bisa Redakan Gejala PCOS

1. Pertumbuhan Rahim 

Saat kehamilan berlangsung, rahim mengalami pertumbuhan yang signifikan untuk menampung janin yang berkembang. Peregangan dan pertumbuhan rahim ini dapat menyebabkan sensasi kram ringan di bagian bawah perut. 

Biasanya, kram ini tidak intens dan berlangsung sebentar. Kram akan muncul pada trimester pertama dan kedua, saat rahim mulai tumbuh dengan cepat.

2. Peregangan Ligamen 

Ligamen yang mendukung rahim, terutama ligamen rotundum, mulai meregang seiring pertumbuhan janin. Peregangan ligamen ini bisa menyebabkan kram atau nyeri tajam yang dirasakan di salah satu atau kedua sisi perut.

Kondisi ini akan terjadi terutama pada trimester kedua, saat rahim membesar dengan cepat. Rasa nyeri ini bisa muncul tiba-tiba saat perubahan posisi, seperti berdiri dari duduk atau saat batuk.

BACA JUGA:Tanpa Obat-obatan, Begini Cara Ampuh Atasi Keputihan

BACA JUGA:Cara Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi Wanita Secara Alami dan Efektif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: