Tanpa Obat-obatan, Begini Cara Ampuh Atasi Keputihan

Tanpa Obat-obatan, Begini Cara Ampuh Atasi Keputihan

Menjaga kebersihan area vagina menjadi salah satu hal terpenting ketika sedang mengalami keputihan-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Keputihan merupakan hal yang normal yang terjadi pada wanita. Sebenarnya, cairan berwarna bening hingga putih susu yang keluar dari vagina tersebut bermanfaat untuk menjaga organ intim wanita agar tetap bersih dan lembap, serta melindunginya dari infeksi.

Keputihan dapat membuat rasa tidak nyaman saat melakukan aktivitas sehari-hari. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi keputihan, kamu bisa mengatasi keputihan tanpa perlu mengonsumsi obat-obatan. Jika ingin mengetahui caranya,  simak cara mengatasi keputihan secara alami pada artikel berikut ini. 

Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami

Tanpa minum obat, berikut beberapa cara mengatasi keputihan yang bisa kamu lakukan:

1. Jaga kebersihan vagina

Menjaga kebersihan area vagina menjadi salah satu hal terpenting ketika sedang mengalami keputihan. Untuk mengatasi keputihan, kamu perlu membersihkan organ intim dengan cara yang benar, yaitu dengan membasuhnya dengan air mengalir dari arah depan ke belakang. Setelah itu, segera keringkan agar tidak lembap.

BACA JUGA:Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Masa Kehamilan

2. Jaga area intim tetap kering

Bakteri sangat suka dengan kondisi yang lemban maka dari itu menjaga area intim yang lembap agar tetap kering menjadi penting untuk mangatasi keputihan secara alami. 

Oleh karena itu, untuk mencegah infeksi, kamu dianjurkan untuk menjaga area intim tetap kering saat mengalami keputihan. 

Kamu bisa mengenakan pantyliners pada hari-hari keputihan atau gantilah celana dalam ketika sudah terasa basah.

3. Pisang

Selanjutnya cara alami untuk mengatasi keputihan yang harus kamu coba adalah makan pisang. Tidak banyak yang tahu jika pisang dapat mengatasi keputihan. 

Hal ini bukan tanpa alasan, pasalnya kandungan serat yang tinggi dalam buah berwarna kuning tersebut bisa membantu menyingkirkan keputihan yang tidak normal. Makan pisang yang kematangan merupakan cara terbaik untuk menghentikan keputihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: