Bingung Bagaimana Membeli e-Materai di Kantor Pos? Simak Persiapan dan Cara Membelinya

Bingung Bagaimana Membeli e-Materai di Kantor Pos? Simak Persiapan dan Cara Membelinya

Cara membeli e-Materai di kantor pos -Pinterest-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) merupakan langkah penting dalam proses seleksi untuk menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Indonesia. 

Salah satu dokumen yang mungkin memerlukan pengesahan e-materai adalah surat pernyataan atau formulir yang diperlukan dalam proses pendaftaran. 

e-Materai adalah alternatif digital untuk materai fisik yang mempermudah pengesahan dokumen secara elektronik. Namun, saat ini terjadi gangguan terhadap website atau link pembelian dan pembubuhan e-materai. 

Salah satu cara yang dapat Anda tempuh adalah dengan membeli e-materai langsung ke kantor pos. Tanpa berlama-lama berikut adalah panduan lengkap tentang cara membeli e-materai di kantor pos untuk keperluan pendaftaran CPNS. 

BACA JUGA:Pembangunan Infrastruktur Dasar Batch I IKN Selesai Tahun Ini, Kementerian PUPR Tuntaskan Tahap II Tahun Depan

BACA JUGA:Diundur Agustus Ini, Simak Syarat dan Berkas Administrasi CPNS 2024

Cara Membeli e-Materai di Kantor Pos

1. Persiapan Sebelum Membeli e-Materai

Sebelum Anda membeli e-materai di kantor pos, pastikan Anda telah menyiapkan hal-hal berikut:

  • Pastikan dokumen pendaftaran CPNS yang memerlukan e-materai sudah siap, seperti surat pernyataan atau formulir yang harus ditandatangani.
  • Siapkan identitas diri seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang mungkin diperlukan untuk verifikasi
  • No HP/WA (Aktif) 
  • Email(Aktif)
  • Tentukan jumlah pembelian

2.Setelah tiba di kantor pos, tanyakan kepada petugas mengenai prosedur pembelian e-materai. Petugas akan memberikan informasi mengenai langkah-langkah yang perlu diikuti dan dokumen yang diperlukan.

3. Anda mungkin diminta untuk mengisi formulir yang disediakan oleh petugas. Formulir ini biasanya memerlukan informasi tentang dokumen yang akan diberi e-materai serta data diri Anda.

BACA JUGA:Puluhan Warga Teluk Sepang Menderita Gangguan Pernapasan dan Radang Paru-paru, Diduga Akibat Polusi Batubara

BACA JUGA:Bilik Damai Lembaga Adat Melayu Riau Diresmikan, Bilik Mediasi Pendekatan Budaya Lokal

4. Jika sudah mengisi formulis, dapatkan nomor virtual account (VA) untuk Kode Pembayaran dari petugas loket pos. Masa bayar VA maksimal 3 jam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: