Tinggal Menunggu Waktu, Waspada 6 Dampak Akibat Gempa Megathrust

Tinggal Menunggu Waktu, Waspada 6 Dampak Akibat Gempa Megathrust

Dampak gempa megathrust -Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Saat ini Indonesia dikabarkan dengan informasi yang tidak mengenakkan dimana Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan jika akan ada gempa besar yakni gempa megathrust yang akan mengancam Indonesia dengan maskimal kekuatan M 8,7 dan M 8.9 yang diperkirakan hanya tinggal menunggu waktu. 

Dirangkum dari berbagai sumber gempa megathrust adalah jenis gempa bumi yang terjadi di zona subduksi, yaitu wilayah di mana satu lempeng tektonik menyusup di bawah lempeng lainnya.

Gempa ini biasanya memiliki magnitudo yang sangat besar karena terjadi pada patahan yang panjang dan melibatkan area yang luas. 

Tak hanya dapat menguncang dataran, gempa megathrust dapat menyebabkan tsunami besar dan kerusakan yang meluas di daerah sekitar episentrumnya.

BACA JUGA:Cek Kelengkapan, Ini Dia Persyaratan CPNS Terbaru Berdasarkan Permenpan RB No 6 Tahun 2024

BACA JUGA:Mendag Zulkifli Hasan Pastikan Cek Semua SPBU di Indonesia, Buntut SPBU Pertamina Curang di Karawang

Zona subduksi seperti yang ada di sepanjang wilayah pesisir Sumatra dan Jawa di Indonesia sangat rentan terhadap gempa megathrust.

Contoh dari gempa megathrust yang terkenal adalah Gempa dan Tsunami Samudra Hindia pada tahun 2004 yang terjadi di lepas pantai Sumatra dan menyebabkan kehancuran besar di beberapa negara di sekitar Samudra Hindia.

Gempa megathrust dapat memiliki dampak yang sangat besar dan merusak, baik secara langsung maupun tidak langsung. Berikut adalah beberapa dampak utama dari gempa megathrust yang perlu diketahui:

1. Kerusakan Infrastruktur dan Lingkungan

Sudah menjadi hal umum jika gempa akan berdampak pada kerusakan begitu pula dengan gempa mega thrust. Gempa megathrust seringkali menghancurkan bangunan, jembatan, jalan, dan infrastruktur penting lainnya. 

BACA JUGA:Ini Rekomendasi Tempat Wisata dan Kuliner Saat Akan Melintas Tol Trans Sumatera

BACA JUGA:Libur 4 Hari Berturut-turut di Mei 2024, Catat Tanggal Merahnya

Hal iko dikarenakan gempa megatrhrust menimbulkan guncangan yang sangat dahsyat. Getaran yang kuat dapat menyebabkan runtuhnya bangunan dan menghancurkan sarana transportasi, listrik, dan komunikasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: