Jadi Panganan Viral yang Sering Diserbu Pembeli, Inilah Sejarah Mochi yang Sudah Ada Sejak Zaman Prasejarah

Jadi Panganan Viral yang Sering Diserbu Pembeli, Inilah Sejarah Mochi yang Sudah Ada Sejak Zaman Prasejarah

Mochi adalah kue atau jajanan yang terbuat dari beras bulir pendek yang disebut mochigome,-Pinterest -

Tetapi pada periode Nara (710-794 M), mochi mulai menyerupai hidangan yang kita kenal sekarang. Mochi kemudian menjadi populer di kalangan bangsawan, selama periode Heian pada 794 sampai 1185 M. 

Di mana orang-orang menyajikan mochi pada acara dan perayaan khusus. Menjelang zaman Edo (1603-1868), mochi telah menjadi makanan pokok orang Jepang, dan mulai berkembang menjadi berbagai variasi dari sejumlah daerah. 

Saat mochi pertama kali diperkenalkan ke Barat, awalnya orang menyebut mochi sebagai "Kue Beras Jepang". Mochi dibuat dengan menumbuk beras ketan menjadi adonan lengket. 

BACA JUGA:Resep dan Cara Membuat Ayam Sambal Bawang Lezat dan Nikmat

BACA JUGA:Resep dan Cara Membuat Kue Apem Camilan Lezat Berbuka Puasa

Pembuatan mochi tradisional dilakukan dengan menumbuk beras ketan yang sudah matang dengan palu kayu hingga membentuk adonan lengket dan elastis. 

Proses ini dikenal sebagai mochitsuki, yang dilakukan orang selama acara dan festival khusus. Mochi Jepang memiliki sejarah panjang dan menjadi bagian tak terpisahkan dari banyak tradisi dan ritual. 


Mochi adalah kue atau jajanan yang terbuat dari beras bulir pendek yang disebut mochigome,-Pinterest -

Mochi yang kenyal, gurih, manis, atau di antaranya, adalah cara untuk menyatukan orang, menandai perayaan, dan bahan memamerkan status. 

Kelezatan manis dan serba guna dari mochi itu dinikmati dalam berbagai bentuk, termasuk isian manis tradisional seperti pasta kacang merah dan kastanye manis, maupun variasi modern seperti es krim dan cokelat.

BACA JUGA:Resep Miyeokguk Resep Sup Rumpul Laut Ala Korea, Sajian Berkuah Hangat untuk Berbuka

BACA JUGA:Resep Rahasia Membuat Dimsum Ikan di Rumah Hidangan Nikmat Berbuka Puasa

Saat ini, mochi telah dinikmati dalam berbagai bentuk dan sudah menjadi hidangan populer di seluruh dunia. Teksturnya yang unik serta rasanya yang manis, menjadikan mochi sebagai camilan dan makanan penutup yang disukai semua orang dari segala usia

Di Indonesia mochi tersedia dengan berbagai varian rasa dan isi. Mulai dari coklat, strawberry, anggur, mangga, keju, mactha dan masih banyak lagi. 

Nah, sekarang kamu jadi tahukan sedikit banyaknya tentang makanan imut, bulat, dan lucu ini. Dengan mengetahui sejarah mochi kamu bisa lebih tahu tentang mochi bukan tahu makannya saja. Benar bukan? Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: