Sering Terkena Mental di Kantor, Simak 5 Cara Efektif Menjaga Kesehatan Mental di Lingkungan Kerja

Sering Terkena Mental di Kantor, Simak 5 Cara Efektif Menjaga Kesehatan Mental di Lingkungan Kerja

Kesehatan mental di lingkungan kerja adalah aspek penting yang mempengaruhi kesejahteraan karyawan dan produktivitas organisasi. -Pinterest -

3. Mengikuti kegiatan dengan rekan kerja

Untuk membangun hubungan baik dengan rekan kerja, biasanya banyak perusahaan mengadakan acara bonding atau kegiatan serupa untuk mempererat hubungan antar karyawan. Jika tempat kerjamu termasuk salah satunya, cobalah untuk ikut serta.

Mengikuti kegiatan kelompok dapat menjadi cara yang efektif untuk memperkuat hubungan dengan rekan kerja, sekaligus memberikan kesempatan untuk bersantai dan mengurangi stres.

Manfaatkan kesempatan ini untuk berinteraksi dengan kolega, yang pada gilirannya dapat membantu menjaga kesehatan mentalmu di lingkungan kerja.

BACA JUGA:Pilihan Obat Batuk Kering Alami yang Aman dan Efektif

4. Jangan membandingkan diri

Saat berada dilingkungan kerja kamu sebaiknya jangan sering membandingkandiri. Ini karena dalam lingkungan kerja, sering kali kita membandingkan diri dengan rekan kerja terkait perjalanan karier dan pencapaian. 

Hal ini dapat menimbulkan rasa rendah diri dan ketidakbahagiaan. Oleh, karena itu, hindarilah kebiasaan tersebut untuk menghindari munculnya perasaan negatif yang bisa memengaruhi kesehatan mental. 

5. Komunikasikan dengan atasan

Untuk menjaga kesehatan mental di tempat kerja, penting untuk mengidentifikasi apa yang menyebabkan stres dan apa solusi yang kira-kira sesuai. Setelah mengetahui faktor-faktor tersebut, bicarakan dengan atasan atau pihak terkait di perusahaan.

Kamu bisa coba diskusikan dengan manajer dan coba tetapkan target yang realistis. Pihak perusahaan mungkin dapat melakukan perubahan untuk membantu mengatasi masalah yang kamu hadapi dan menciptakan lingkungan kerja yang lebih suportif.

BACA JUGA:Kekuatan Khodam Elang Api Abadi, Ini Uraiannya

Nah, itulah dia beberapa cara menjaga kesehatan mental di lingkungan kerja yang bisa kamu coba. Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam menjaga kesehatan mental ketika berada dalam lingkungan kerja yang dituntut dengan tekanan yang cukup tinggi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: