Tanpa Sadar Sering Dilakukan, Simak 5 Bahaya Kebiasaan Mengupil Untuk Kesehatan

Tanpa Sadar Sering Dilakukan, Simak 5 Bahaya Kebiasaan Mengupil Untuk Kesehatan

Ngupil adalah kegiatan yang bermanfaat dan mengasyikkan, namun ada pula yang menyebut “ngupil” adalah perilaku manusia yang dinilai negatif, jorok, dan berbahaya. -Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pernahkah kamu berpikir jika mengupil ternyata akan berdampak buruk jika dilakukan secara terus-menerus bahkan dijadikan kebiasaan. Setiap orang pasti pernah ngupil. Kesukaan ngupil ini tergolong menyenangkan, dan ternyata hampir dilakukan oleh setiap orang tanpa melihat usia. 

Meski ada yang menyebut ngupil adalah kegiatan yang bermanfaat dan mengasyikkan, namun ada pula yang menyebut “ngupil” adalah perilaku manusia yang dinilai negatif, jorok, dan berbahaya. 

Bahkan bisa menyebabkan efek kematian. Benarkah ngupil ini berbahaya? Ngupil adalah kegiatan manusia membersihkan kotoran atau benda asing yang ada dalam hidung.

Membram mukosa di rongga hidung akan dihasilkan dan diproduksi terus menerus setiap hari, yang akan mengering karena kelembanan udara, dan membentuk padatan yang kita sebut upil

BACA JUGA:Menarche! Haid Pertama yang Dialami Oleh Si Gadis

Sekreta yang kering ini akan menempel pada rambut kecil (silia) di rongga hidung. Selain itu, lendir yang mengering dan mengeras ini biasanya akan menyebabkan sensasi iritasi yang memunculkan rasa gatal. 

Sensasi itulah yang memicu orang untuk mengupil. Kebiasaan mengupil sering disebut sebagai rhinotillexomania.

Alasan seseorang ngupil ada berbagai macam. Hal ini menyangkut perilaku psikologis yang tidak disadari seperti ketika sedang bengong atau sedang memikirkan sesuatu. 

Sama seperti kecenderungan orang menggigit kuku atau mengisap jempol yang tanpa sadar dilakukan di tempat umum. Aktivitas mengupil terkait dengan perasan negatif yang mengganggu pikiran seseorang sehingga tak sadar manusia melakukannya di depan umum.

BACA JUGA:Agar Hidup Selalu Sehat dan Fit, dr Zaidul Akbar Bagikan Rahasianya

Tahukah kamu, meski ditemukan ada manfaat yang bisa kita ambil saat seseorang mengupil, ada juga dampak yang membahayakan bagi tubuh. 

Apa saja bahayanya, berikut gangguan kesehatan yang disebabkan karena mengupil. 

1. Rambut Hidung Rontok

Rambut hidung yang rontok dapat disebabkan karena mengupil. Rambut hidung atau silia, berfungsi menyaring debu, bakteri dan virus patogen, serta benda-benda asing yang masuk ke rongga hidung. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: