Jadi Salah Satu Penyebab Masalah Lingkungan, Ini Alasan Masyarakat Indonesia Suka Buang Sampah Sembarangan

Jadi Salah Satu Penyebab Masalah Lingkungan, Ini Alasan Masyarakat Indonesia Suka Buang Sampah Sembarangan

Sampah menjadi salah satu penyebab masalah lingkungan yang paling sulit untuk diatasi di Indonesia. -Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Saat ini sampah menjadi salah satu penyebab masalah lingkungan yang paling sulit untuk diatasi di Indonesia. 

Data dari Kementrian Lingkungan Hidup melalui websitenya mencatat di tahun 2023 timbulan sampah dari 293 Kabupaten/kota se-Indonesia mencapai angka kurang lebih 32 juta ton data ini mengalami penurunan dari tahun sebelumnya yakni di tahun 2022 dengan timbulan sampah mencapat angka 37 juta ton. 

Meski begitu, membuang sampah pada tempatnya masih menjadi hal yang sulit dilakukan oleh sebagian orang yang belum mengatahui apa sebenarnya dampak dari banyaknya sampah yang dibuang sembarangan. 

Kita juga telah belajar mengapa penting untuk tidak membuang sampah sembarangan karena berpotensi merusak lingkungan dan membuat kita rentan terhadap berbagai risiko kesehatan akibat sampah.

BACA JUGA:Ini Dia Beragam Manfaat Sepeda Statis dan Panduan Penggunaannya

Hal ini menjadi sejumlah pertanyaan kenapa masih ada orang yang tidak mau membuang sampah pada tempatnya. Apa ya kira-kira alasannya? Untuk itu, Anda bisa menyimak ulasan di bawah ini untuk mengetahuinya. 

Berikut alasan kenapa masih ada orang yang sulit buang sampah pada tempatnya;

1. Tidak Peduli dengan Lingkungan Sekitar

Orang yang cenderung membuang sampah sembarang memiliki sifat yang egois dan cenderung tidak peduli dengan lingkungan sekitar. Sebenarnya, Indonesia telah mengatur terkait pengelolaan sampah yang tertuang dalam Undang-Undang (UU) Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah. 

Pada Pasal 29 Ayat (1), disebutkan bahwa setiap orang dilarang membuang sampah tidak pada tempat yang telah ditentukan dan disediakan. Terkait hal tersebut, UU juga menyebutkan bahwa akan diatur lebih lanjut dalam peraturan daerah kabupaten/kota.

BACA JUGA:Kenali Efek Samping Pil KB yang Harus Diketahui

2. Merasa Bahwa Sampah Bukan Tanggungjawab Pribadi

Alasan selanjutnya yang kerap kali menjadi jawaban masyarakat adalah merasa bahwa sampah bukan tanggungjawab pribadi melainkan tugas dan kewajiban dari petugas kebersihan ataupun pemerintah setempat. 

Pada kenyataannya kebanyakan masyarakat tidak menyadari bahwa menjaga kebersihan lingkungan adalah tanggungjawab bersama, tidak sekadar salah satu pihak saja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: