Simak Kondisi Penyakit yang Menjadi Penyebab Nyeri pada Ulu Hati

Simak Kondisi Penyakit yang Menjadi Penyebab Nyeri pada Ulu Hati

Ulu hati yang sakit disebabkan gerakan menelan saat makan sehingga menyebabkan terbukanya sfingter esofageal (otot berbentuk cincin yang membatasi kerongkongan dan lambung).-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Apakah kamu pernah mengalami nyeri pada ulu hati yang membuat rasa yang sangat tidak nyaman pada tubuh. Sebagian orang merasa nyeri ulu hati setelah makan banyak.

Ini biasanya disebabkan oleh naiknya asam lambung menuju kerongkongan (refluks asam lambung). Namun, nyeri pada bagian ulu hati juga bisa menandakan gangguan pencernaan lain yang lebih serius.

Ulu hati yang sakit disebabkan gerakan menelan saat makan sehingga menyebabkan terbukanya sfingter esofageal (otot berbentuk cincin yang membatasi kerongkongan dan lambung).

Sfingter esofageal terus menutup selama tidak ada makanan dan cairan yang bergerak turun dari kerongkongan. Jika sfingter tidak menutup dengan sempurna, asam lambung dapat naik sehingga menimbulkan rasa panas pada ulu hati.

BACA JUGA:Ini Dia Alasan di Balik Penggunaan Minyak Telon Bayi

Rasa panas ini berasal dari asam lambung yang merupakan asam kuat. Naiknya asam lambung juga kerap menimbulkan rasa tak nyaman pada ulu hati, nyeri pada dada, atau rasa asam dan pahit yang muncul pada pangkal kerongkongan atau mulut.

Beragam sensasi tak nyaman tersebut dikenal sebagai heartburn. Pada banyak kasus, heartburn juga diperparah oleh kebiasaan makan hingga kekenyangan, minum alkohol, merokok, dan konsumsi makanan yang sangat pedas.

Namun, sebagian orang yang tidak menyadari jika nyeri ulu hati yang Anda rasakan juga bisa menandakan penyakit atau gangguan pada organ-organ di sekitar area ulu hati. 

Kondisi penyakit apa yang sering menyebabkan sakit pada ulu hati? Berikut diantaranya: 

BACA JUGA:Ini Dia Manfaat Masker Jeruk Nipis dan Cara Membuatnya

1. Peradangan lambung (gastritis)

Penyakit yang menjadi indikasi penyebab ulu hati sering merasakan nyeri adalah perasangan lambung atau gastritis. 

Gastritis adalah masalah pencernaan yang disebabkan oleh infeksi bakteri H. pylori, gangguan autoimun, atau pengikisan dinding lambung.

Gejalanya yakni sakit ulu hati serta muntah darah yang terlihat seperti ampas kopi dan feses berwarna hitam. Pada kasus yang lebih parah, gastritis dapat menyebabkan perdarahan pada lambung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: