Bayi Sering Kentut? Ini Dia Penyebab yang Bisa Diketahui

Bayi Sering Kentut? Ini Dia Penyebab yang Bisa Diketahui

Penyebab bayi sering kentut-freepik.com -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Bayi baru lahir sering buang angin adalah hal yang normal dan biasanya tidak ada yang perlu dikhawatirkan. 

Gas pada saluran cerna anak merupakan bagian dari proses alami tubuh dalam mencerna makanan dan beradaptasi dengan lingkungan. 

Kentut adalah cara tubuh mengeluarkan gas yang menumpuk di perut dan usus bayi Anda. Namun kondisi ini kerap membuat para orang tua khawatir, terutama yang baru saja melahirkan.

Pembentukan gas pada perut anak dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Pada tahap awal kehidupannya, sistem pencernaan anak masih dalam masa perkembangan sehingga ia mungkin lebih sering mengalami penumpukan gas. 

BACA JUGA:Cara Membuat Pupuk Kompos dari Pelepah Sawit

BACA JUGA:Tak Hanya Lezat, 10 Makanan Ini Ternyata Dapat Membuat Panjang Umur

Bayi juga bisa mengalami perut kembung karena beberapa hal, mulai dari kebiasaan makan, cara menyusui, hingga faktor eksternal yang mempengaruhi saluran pencernaan bayi.

Berikut ini penyebab utama bayi sering kentut adalah:

  • Menelan udara saat menyusu

Salah satu penyebab bayi sering kentut adalah karena menelan udara saat menyusu, dari ibu menyusui, atau dari botol susu. 

Saat bayi menelan udara bersama susu, udara tersebut dapat terperangkap di saluran pencernaan sehingga menyebabkan kembung dan gas. Hal ini lebih sering terjadi jika posisi menyusui salah atau bayi menyusu terlalu cepat.

  • Sistem pencernaan yang belum matang

Saat dilahirkan, sistem pencernaan bayi masih belum matang dan sedang belajar beradaptasi dengan jenis makanan dan susu yang masuk ke dalam tubuh bayi. 

BACA JUGA:Tak Hanya Lezat, 10 Makanan Ini Ternyata Dapat Membuat Panjang Umur

BACA JUGA:Membuat Pupuk dari Cangkang Telur, Ini Langkah yang Harus Dilakukan

Hal ini menyebabkan bayi lebih sering mengeluarkan gas dibandingkan orang dewasa. Usus bayi baru lahir masih dalam tahap perkembangan sehingga kemampuan mengolah gas di lambungnya belum sempurna.

  • Gizi ibu menyusui

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: