Simak Kondisi Penyakit yang Menjadi Penyebab Nyeri pada Ulu Hati

Simak Kondisi Penyakit yang Menjadi Penyebab Nyeri pada Ulu Hati

Ulu hati yang sakit disebabkan gerakan menelan saat makan sehingga menyebabkan terbukanya sfingter esofageal (otot berbentuk cincin yang membatasi kerongkongan dan lambung).-Pinterest -

Gejala utama esofagitis adalah nyeri pada ulu hati yang bisa menjalar ke perut sebelah kanan, nyeri di belakang tulang dada yang terjadi saat menelan, dan tersangkutnya makanan dalam kerongkongan.

Komplikasi lainnya adalah Barrett’s esophagus, yaitu kondisi ketika sel-sel kerongkongan berubah menyerupai sel usus karena terus teriritasi.

5. Pankreatitis

Pankreatitis adalah peradangan pada pankreas. Selain nyeri pada ulu hati, gejala lain yang muncul antara lain kehilangan nafsu makan, sakit perut, demam, peningkatan detak jantung, serta feses berminyak dan berbau.

Pada kasus yang paling parah, pankreatitis dapat menyebabkan perdarahan, syok, dan mungkin berakibat fatal. Maka dari itu, Anda sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter bila mengalami tanda-tanda penyakit ini.

BACA JUGA:Ini Dia Bahaya Mabuk Minuman Beralkohol bagi Kesehatan

6. Preeklampsia pada ibu hamil

Ibu hamil adalah kelompok yang paling rentan mengalami sakit pada ulu hati. Pasalnya, janin yang terus membesar akan menekan perut sehingga menimbulkan rasa sakit.

Selain itu, perubahan hormon selama kehamilan juga dapat memengaruhi tingkat nyeri. Akan tetapi, rasa sakit pada ulu hati yang terus-menerus muncul bisa menjadi pertanda preeklampsia. Preeklampsia merupakan komplikasi kehamilan yang ditandai dengan tekanan darah tinggi.

Itulah sejumlah penyebab sakit pada ulu hati yang perlu kamu ketahui agar dapat melakukan pencegahan terhadap penyakit yang tidak terdeteksi secara langsung. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: