Pilihan Menu Makan Malam untuk Diet yang Bergizi dan Tidak Buat Gemuk

Pilihan Menu Makan Malam untuk Diet yang Bergizi dan Tidak Buat Gemuk

Pastikan Anda juga tidak mengonsumsi makan malam untuk diet di jam yang terlalu malam, misalnya pada jam 10 malam--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Sebagian orang menghindari makan malam karena dipercaya dapat menaikkan berat badan. Namun, ada sejumlah menu makan malam untuk diet yang bergizi dan tidak buat gemuk sehingga dapat mendukung program penurunan berat badan.

Sama dengan sarapan dan makan siang, makan malam juga tidak boleh dilewati ketika Anda sedang diet. Hal yang perlu diperhatikan adalah pemilihan jenis makanan yang akan disantap saat makan malam. Pastikan memilih menu makan malam untuk diet yang sehat dan bergizi serta rendah kalori, sehingga dapat membantu proses penurunan berat badan dan tidak buat gemuk.

BACA JUGA:Cara Mudah Mengempiskan Perut, dr Zaidul Akbar Sarankan Pola Makan Seperti Ini

Beragam Menu Makan Malam untuk Diet
Ada beberapa jenis makanan yang bisa Anda coba konsumsi sebagai menu makan malam sehat untuk diet, yaitu:

1. Kentang kukus
Kentang mengandung berbagai nutrisi penting bagi tubuh, seperti karbohidrat, serat, vitamin, dan mineral. Selain itu, kentang juga baik untuk menurunkan dan mengontrol berat badan. Namun, pastikan Anda tidak mengolah kentang dengan cara digoreng karena dapat menambah lemak jahat di dalamnya.

BACA JUGA:Saldo Gratis Rp500.000 Siap Mendarat Ke Dompet Digital DANA Kamu, Ini Aplikasinya!

2. Ubi kukus
Menu makan malam untuk diet yang kedua adalah ubi, khususnya yang dikukus. Makanan ini tinggi serat, sehingga dapat memberikan rasa kenyang lebih lama dan mampu mengendalikan nafsu makan.

3. Dada ayam
Dada ayam merupakan salah satu jenis makanan yang banyak digemari ketika sedang diet. Ini karena kalori dada ayam yang rendah, tetapi tinggi protein dan rendah lemak. Konsumsi dada ayam juga dikatakan bisa mengurangi rasa lapar pada orang yang sedang diet rendah kalori.

4. Telur
Selain dada ayam, Anda juga dapat memperoleh asupan protein dari telur. Studi pun menunjukkan bahwa kandungan protein dalam telur bisa membantu penurunan berat badan karena lebih lama dicerna oleh tubuh. Agar asupan kalori tidak terlalu banyak, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi putih telurnya saja.

BACA JUGA:Syekh Ali Jaber Ingatkan Pentingnya Sedekah, Terutama di Waktu Subuh

5. Salmon
Salmon kaya akan protein dan asam lemak omega-3. Kedua kandungan tersebut baik dikonsumsi untuk mendukung proses penurunan berat badan pada orang yang sedang diet. Protein dapat mengeyangkan perut lebih lama, sedangkan asam lemak omega-3 bisa mengurangi massa lemak di perut.

6. Kacang merah
Kacang merah juga bisa Anda jadikan menu makan malam untuk diet yang bergizi dan tidak bikin gemuk. Ini karena kacang merah tinggi akan protein dan serat, sehingga bermanfaat untuk menurunkan dan menjaga berat badan.

7. Alpukat
Tidak hanya kaya akan lemak baik, alpukat juga diketahui tinggi serat. Kandungan serat tersebut bisa memberikan efek kenyang lebih lama di perut, sehingga mencegah Anda untuk ngemil sepanjang hari.

BACA JUGA:Saat Seperti Ini, Nikah Bagi Seseorang Hukumnya Menjadi Wajib, Berikut Penjelasan Buya Yahya

8. Greek yoghurt
Greek yoghurt mengandung protein dan kalsium yang lebih tinggi serta gula yang lebih rendah dibandingkan yoghurt biasa. Oleh karena itu, yoghurt ini baik dikonsumsi oleh Anda yang sedang menurunkan berat badan. Agar proses penurunan berat badan lebih efektif, cobalah konsumsi makanan dengan porsi lebih banyak saat sarapan dan makan siang, sedangkan porsi yang lebih kecil saat makan malam. Cara ini efektif untuk mempercepat penurunan berat badan dan mengurangi rasa lapar.

Pastikan Anda juga tidak mengonsumsi makan malam untuk diet di jam yang terlalu malam, misalnya pada jam 10 malam, karena bisa meningkatkan risiko bertambahnya berat badan dan gula darah tinggi serta obesitas. Sebaiknya, konsumsilah makan malam 2–3 jam sebelum waktu tidur atau sekitar jam 6–8 malam.

BACA JUGA:Mother Wound! Luka Batin Akibat Kurangnya Kasih Sayang Ibu

Tidak hanya terbatas pada menu di atas, masih ada banyak menu makan malam untuk diet bergizi dan tidak bikin gemuk lainnya yang bisa Anda coba. Intinya, bila Anda sedang diet, pilihlah makan malam yang kaya serat dan protein serta rendah lemak, lalu jangan mengolahnya dengan cara digoreng.

Jika masih memiliki pertanyaan tentang menu makan malam untuk diet atau seputar hal tentang penurunan berat badan, Anda bisa konsultasikan ke dokter guna menentukan porsi dan jenis makanan untuk program diet sesuai kondisi tubuh dan kesehatan Anda.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: