Bisa Dicoba! 8 Camilan Diet Malam Hari yang Tidak Bikin Gemuk

Bisa Dicoba! 8 Camilan Diet Malam Hari yang Tidak Bikin Gemuk

walaupun sedang diet, Anda tetap bisa makan camilan diet malam hari.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Camilan diet malam hari bisa berupa makanan rendah kalori serta kaya akan serat dan protein. Nutrisi tersebut dapat memberikan efek kenyang lebih lama sehingga keinginan untuk ngemil berlebihan dan kenaikan berat badan pun dapat dihindarkan.

Makan camilan di malam hari mungkin menjadi pantangan besar bagi orang yang sedang diet. Ini karena makan di malam hari bisa menyebabkan kalori yang dikonsumsi tidak terbakar dengan efisien, sehingga lebih mudah disimpan menjadi lemak dan peningkatan berat badan pun dapat terjadi. Padahal, walaupun sedang diet, Anda tetap bisa makan camilan diet malam hari, kok. Namun, pastikan Anda memerhatikan nutrisi yang terkandung pada camilan agar tujuan menurunkan berat badan bisa tercapai.

BACA JUGA:3 Orang Ini Lebih Ampuh dari Dukun, Ustaz Felix Siauw: Wajib Didatangi

Berbagai Camilan Diet Malam Hari
Anda bisa memilih Camilan Diet malam hari yang rendah kalori dan kaya akan nutrisi untuk mencegah pertambahan berat badan. Berikut ini adalah beberapa pilihan camilan bisa Anda konsumsi:

1. Telur rebus
Telur rebus merupakan salah satu pilihan Camilan Diet malam hari yang praktis dan mengenyangkan. Dalam satu butir telur rebus hanya terkandung 78 kalori saja. Selain itu, telur rebus juga kaya akan protein yang dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama sehingga mencegah ngemil berlebihan. Anda bisa mengonsumsi telur rebus secara langsung atau dipadukan dengan bahan makanan sehat lainnya, seperti sayuran rebus, kacang-kacangan, atau keju rendah lemak.

2. Pisang
Buah yang mudah didapatkan ini bisa dijadikan pilihan Camilan Diet malam hari yang tidak bikin gemuk. Dalam satu buah pisang berukuran kecil hanya mengandung sekitar 90 kalori saja. Tak hanya itu, makan pisang sebelum tidur juga dapat meningkatkan kadar melatonin di dalam tubuh, yaitu hormon yang berperan dalam mengatur siklus tidur. Dengan begitu, Anda pun dapat tidur lebih nyenyak. Jika bosan makan pisang secara langsung, Anda bisa mengolah pisang sebagai jus, smoothie, atau bahan tambahan dalam Camilan Diet malam hari lainnya.

BACA JUGA:Petani Kopi di Kaur Ditemukan Meninggal Dunia, Diduga Ini Penyebabnya

3. Apel
Dalam 100 gram apel hanya terkandung sekitar 48 kalori saja. Inilah yang membuat apel cocok dijadikan pilihan camilan diet malam hari. Apel juga tinggi akan kandungan serat sehingga bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan tidak bikin gemuk.

Anda bisa mengonsumsi apel secara langsung atau menambahkan selai kacang di atasnya untuk meningkatkan cita rasa. Namun, pastikan Anda tidak menambahkan selai kacang lebih dari 2 sendok teh agar jumlah kalori camilan ini tidak bertambah banyak.

4. Popcorn
Camilan yang biasa dikonsumsi saat menonton di bioskop ini tergolong rendah kalori sehingga cocok dijadikan camilan diet malam hari. Dalam 1 cangkir popcorn hanya mengandung sekitar 31 kalori saja. Selain itu, popcorn juga kaya akan serat dan karbohidrat kompleks yang dapat memberi tenaga ekstra sekaligus rasa kenyang lebih lama. Namun, pilihlah popcorn yang tidak mengandung mentega atau garam guna mencegah pertambahan kalori di dalam camilan.

BACA JUGA:Syekh Ali Jaber Ingatkan Pentingnya Sedekah, Terutama di Waktu Subuh

5. Kacang almond
Satu genggam atau sekitar 14 biji kacang almond mengandung sekitar 97 kalori, serat, dan protein yang baik untuk mendukung keberhasilan program diet Anda. Berbagai nutrisi tersebut dapat memberikan rasa kenyang lebih lama, meningkatkan laju metabolisme tubuh, dan mengurangi lemak perut. Cara menikmati kacang almond sebagai camilan diet malam hari pun beragam, mulai dari dipanggang, diolah menjadi susu almond, atau dijadikan bahan tambahan dalam camilan diet lainnya.

6. Edamame
Jenis kacang-kacangan lain yang cocok dijadikan camilan diet malam hari adalah edamame. Edamame mengandung protein, serat, lemak sehat, dan rendah lemak, yaitu sekitar 63 kalori per 1⁄3 gelas edamame. Tak hanya itu, edamame juga memiliki indeks glikemik yang rendah. Itu artinya edamame tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Untuk mengonsumsi edamame sebagai camilan diet di malam hari, Anda bisa mengolahnya dengan cara direbus atau dikukus.

BACA JUGA:Saat Seperti Ini, Nikah Bagi Seseorang Hukumnya Menjadi Wajib, Berikut Penjelasan Buya Yahya

7. Oatmeal
Oatmeal sering dijadikan sebagai camilan diet karena di dalam ½ cangkirnya hanya mengandung 83 kalori. Selain itu, oatmeal juga mengandung zat pati resisten yang dapat memberikan efek kenyang lebih lama, sehingga nafsu makan di malam hari akan lebih terkontrol. Agar lebih nikmat disantap, camilan diet malam hari ini dapat disajikan bersama berbagai macam topping, seperti potongan buah, kayu manis, yoghurt, atau kacang almond.

8. Greek yoghurt
Greek yoghurt mengandung sekitar 73 kalori per 100 gram dan protein dua kali lebih banyak daripada yoghurt biasa. Konsumsi greek yoghurt dapat memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga Anda lebih mudah mengontrol nafsu makan di malam hari.

BACA JUGA:Temui Gubernur Bengkulu, Tim KPK RI Beri Pendampingan Hingga Pengawalan Terkait Tata Kelola Pemprov Bengkulu

Pilihlah greek yoghurt yang rendah lemak dan tambahkan madu murni, buah-buahan, kacang-kacangan, atau biji-bijian, untuk memperkaya nutrisi serta rasanya. Itulah pilihan camilan diet malam hari yang bisa Anda konsumsi. Agar program diet yang Anda jalani sukses, kombinasikan camilan diet malam hari di atas dengan konsumsi makanan bergizi seimbang dan rutin berolahraga.

Jika Anda kesulitan untuk menurunkan berat badan meski sudah menjaga pola makan dan rajin berolahraga, konsultasikanlah dengan dokter. Dokter akan merekomendasikan program diet dan pilihan camilan diet malam hari yang sesuai dengan kebutuhan Anda.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: