Kerap Menggangu Aktivitas, Gunakan 5 Bahan Alami Ini untuk Mencegah dan Menghilangkan Bau Badan

Kerap Menggangu Aktivitas, Gunakan 5 Bahan Alami Ini untuk Mencegah dan Menghilangkan Bau Badan

bau badan merupakan masalah umum yang dialami banyak orang karena bisa menimbulkan rasa tidak nyaman dan menurunkan kepercayaan diri.-Pinterest -

BACA JUGA:Simak 8 Cara Merawat Hamster dengan Benar

3. Daun jambu biji

Tidak banyak yang tahu jika daun jambu biji juga efektif mencegah dan menghilangkan bau badan secara alami. Daun jambu biji (Psidium guajava Linn.) memiliki kandungan senyawa fenol yang cukup banyak, termasuk tanin dan flavonoid. 

Senyawa ini memiliki efek antimikroba yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab bau badan. Tak heran jika daun jambu biji dapat menjadi bahan alami pengganti deodoran pabrikan karena tidak menyebabkan terjadinya iritasi pada kulit ketiak.

4. Bunga telang

Bunga telang memiliki manfaat salah satunya adalah dapat mencegah dan menghilangkan bau badan. Bunga telang (Clitoria ternatea L.) memiliki karakteristik berbentuk corong dengan warna bervariasi, umumnya biru. Akan tetapi, ada juga yang berwarna ungu dan putih. 

BACA JUGA:Berenang Adalah Olahraga Ampuh Kecilkan Perut dan Sehat

Ini dikarenakan bunga telang memiliki sifat antibakteri yang efektif untuk digunakan sebagai bahan alami deodoran. Kandungan kimia dalam bunga ini, seperti flavonoid, alkaloid, tanin, saponin, dan terpenoid, berperan sebagai agen antibakteri. 

Bakteri Staphylococcus epidermidis, yang dapat menyebabkan berbagai infeksi kulit ringan dan abses, dapat dihambat oleh ekstrak bunga telang.

5. Daun kersen

Bahan alami selanjutnya yang dapat menjadi solusi untuk mengatasi bau badan adalah daun kersen. Tanaman kersen (Muntingia calabura L.) merupakan jenis tanaman yang mudah tumbuh dan masih banyak dijumpai sebagai pohon peneduh.

BACA JUGA:Simak 7 Tips Memilih Lipstik yang Aman untuk Ibu Hamil

Ekstrak etanol daun kersen berkemampuan menghambat bakteri yang menyebabkan bau badan. Senyawa aktif dalam daun kersen, seperti saponin, tanin, alkaloid, steroid, dan flavonoid, berperan sebagai antibakteri yang dapat mengurangi bau badan. 

Bagaimana, apakah kamu tertarik mencoba bahan alami yang sudah dijelaskan pada ulasan di atas. Setidaknya dengan mengetahui sejumlah bahan alami yang dapat atasi bau badan, kamu bisa memilih bahan deodoran yang sesuai dan cocok dengan kulitmu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: