Berbagai Cara Jitu Menambah Tinggi Badan yang Alami dan Sehat

Berbagai Cara Jitu Menambah Tinggi Badan yang Alami dan Sehat

Ada banyak jenis olahraga yang bisa digunakan sebagai cara menambah tinggi badan secara alami, di antaranya bersepeda, lompat tali, berenang, panjat tebing, dan basket. --

BENGKULUEKSPRESS.COM - Bila ingin memiliki tinggi badan ideal, sebaiknya lakukan cara menambah tinggi badan yang alami dan sehat. Sebisa mungkin hindari penggunaan obat atau suplemen penambah tinggi instan yang banyak beredar di pasaran, karena ini belum tentu aman dan cocok digunakan.

Saat memasuki masa pubertas, seorang remaja akan mengalami masa percepatan pertumbuhan (growth spurt), termasuk pertumbuhan tinggi badan. Oleh sebab itu, sebaiknya cara menambah tinggi badan yang sehat dilakukan pada masa-masa ini.

BACA JUGA:Inilah 9 Makanan Peninggi Badan yang Patut Dikonsumsi

Pada remaja pria, percepatan pertumbuhan ini dimulai sejak usia 10–15 tahun. Sementara pada wanita remaja, masa ini dimulai sejak usia 8–13 tahun. Masa percepatan pertumbuhan dapat berlangsung sekitar 2–5 tahun, hingga seorang remaja mencapai kematangan fisik, termasuk tinggi badannya.

Meski demikian, tidak semua orang bisa mencapai tinggi badan yang diinginkan. Ini karena pada dasarnya, tinggi badan seseorang dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk faktor genetik. Oleh karena itu, tidak sedikit orang yang mencari cara menambah tinggi badan agar penampilannya menjadi lebih menarik.

Cara Menambah Tinggi Badan yang Alami dan Sehat
Ada beberapa cara yang mungkin dapat membantu menambah tinggi badan selama masa percepatan pertumbuhan, di antaranya:

BACA JUGA:Begini 4 Cara Meninggikan Badan yang Sehat dan Alami

1. Olahraga secara rutin
Olahraga dan aktivitas fisik rutin sangat baik untuk memperkuat jaringan otot dan tulang, mempertahankan berat badan yang sehat, dan meningkatkan produksi hormon pertumbuhan. Ada banyak jenis olahraga yang bisa digunakan sebagai cara menambah tinggi badan secara alami, di antaranya bersepeda, lompat tali, berenang, panjat tebing, dan basket.

2. Perbaiki postur tubuh
Perbaikan postur tubuh juga bisa membantu menambah tinggi badan secara alami. Kebiasaan berdiri, duduk, dan tidur dengan postur yang tidak benar, misalnya sering membungkuk, dapat membuat tubuh terlihat terlihat lebih pendek. Sebaliknya, dengan postur tubuh yang baik dan tegak, tubuh akan terlihat lebih tinggi dan proporsional. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki postur tubuh sekaligus sebagai cara menambahkan tinggi badan adalah melakukan beberapa pose yoga, seperti mountain pose, cobra pose, dan child’s pose.

BACA JUGA:Jadwal Seleksi CPNS Belum Jelas, Pemkot Bengkulu Tunggu Instruksi Pusat

3. Istirahat yang cukup
Kurang tidur tidak hanya dapat menyebabkan timbulnya berbagai masalah kesehatan, tetapi  membuat tumbuh kembang menjadi terganggu. Ini karena kurang tidur dapat menekan produksi dan pelepasan hormon-hormon yang penting untuk perkembangan tulang, seperti hormon pertumbuhan dan hormon perangsang tiroid. Oleh karena itu, sebagai salah satu cara menambah tinggi badan, pastikan Anda mendapatkan waktu istirahat dan tidur yang cukup setiap harinya. Berikut ini adalah jumlah waktu tidur yang ideal berdasarkan usia:

- Bayi 0–3 bulan: 14–17 jam
- Bayi 4–12 bulan: 12–16 jam
- Balita 1–2 tahun: 11–14 jam
- Balita 3–5 tahun: 10–13 jam
- Anak 6–13 tahun: 9–12 jam
- Remaja 14–17 tahun: 8–10 jam
- Orang dewasa 18–64 tahun: 7–9 jam  

BACA JUGA:Rekom Nasdem Turun ke Dedy Ermansyah, Rony Tobing Didesak Segera Bergabung ke PAN

4. Konsumsi makanan bergizi seimbang
Selama masa pertumbuhan, sangat penting untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh agar pertumbuhan tinggi badan bisa maksimal. Pada anak-anak, asupan nutrisi yang tercukupi juga berperan penting untuk mencegah stunting.

Untuk menunjang pertumbuhan tinggi badan dan menjaga kepadatan tulang, anak-anak dan remaja perlu mengonsumsi makanan yang kaya akan berbagai nutrisi, seperti protein, kalsium, magnesium, dan vitamin D. Asupan nutrisi tersebut bisa diperoleh dari buah dan sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, telur, serta susu dan olahannya, termasuk yoghurt dan keju.

Pada beberapa kasus, misalnya gangguan pada hormon pertumbuhan atau malnutrisi, penggunaan suplemen tambahan mungkin akan disarankan untuk dikonsumsi sebagai cara menambah tinggi badan. Namun, konsumsi suplemen ini sebaiknya disesuaikan dengan anjuran dokter. Selain itu, untuk mengatasi masalah pada hormon pertumbuhan, dokter juga bisa memberikan terapi hormon.

BACA JUGA:Mukomuko Terima Bantuan Pamsimas untuk 6 Desa, Anggaran Rp2,4 Miliar dari APBN

Perlu diingat, beberapa cara menambah tinggi badan di atas umumnya akan efektif dilakukan pada anak-anak dan remaja. Sementara itu, untuk menambah tinggi badan pada orang dewasa, cara tersebut mungkin tidak menimbulkan efek apa pun. Cara yang dinilai efektif guna menambah tinggi badan pada orang dewasa adalah operasi.

Jika Anda merasa tidak percaya diri dengan tinggi badan Anda dan ingin memperbaikinya atau khawatir pertumbuhan badan anak Anda mengalami gangguan, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan menganalisis kemungkinan penyebab dan memberikan saran cara menambah tinggi badan yang sesuai.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: