Ini Dia 9 Tips Sederhana agar Melahirkan Secara Normal dan Lancar

Ini Dia 9 Tips Sederhana agar Melahirkan Secara Normal dan Lancar

Melahirkan secara normal adalah impian setiap ibu hamil-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Melahirkan secara normal adalah impian setiap ibu hamil. Meski beragam metode Melahirkan saat ini tergolong beragam, mulai dari waterbirth hingga cesar. 

Sebagian ibu hamil akan merasa takut saat membayangkan rasa sakit jika melahirkan dengan persalinan normal. Hal ini terjadi terutama terjadi pada wanita yang baru pertama kali melahirkan. 

Namun, rasa khawatir ini bisa diredam dengan mengetahui beberapa tips supaya proses persalinan berjalan lancar, kamu bisa coba beberapa tips berikut ini.

1. Rutin memeriksakan diri

Saat hamil, pastikan ibu memberi tahu bidan atau dokter kandungan tentang keinginan untuk bisa melahirkan normal. Dokter akan memeriksakan riwayat kesehatan secara keseluruhan untuk menilai bisa atau tidaknya persalinan normal dilakukan. 

BACA JUGA:Bagi Pasangan Muda, Ini Dia Tips Merawat Bayi Baru Lahir

Setelah lampu hijau diberikan, ibu perlu secara rutin melakukan pemeriksaan untuk memantau kesehatan diri sendiri dan janin agar persalinan lebih mudah dilakukan.

2. Jangan malas bergerak setiap harinya

Memasuki usia kandungan 37 minggu kamu harus mulai bersiap-siap untuk fase persalinan. Sebelumnya, kamu harus lebih banyak bergerak. 

Jangan malas untuk naik turun tangga atau jalan kaki. Pergerakan tersebut sangat membantu ibu melancarkan proses melahirkan normal dan lancar.

3. Rutin berolahraga

Ibu juga perlu berolahraga sembari melatih pernapasan. Lakukan olahraga ringan saja sudah cukup, seperti berjalan-jalan santai, latihan yoga atau senam hamil.

BACA JUGA:3 Jin Khodam yang Suka Menjaga Anak Kecil

Iringi dengan latihan pernapasan di setiap sesi olahraga. Latihan pernapasan sangat penting agar tubuh terlatih dengan baik dan lebih kuat saat melahirkan normal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: