Dibuat dengan Bumbu Khas Indonesia, Ini Dia 5 Makanan Ikan Mentah yang Lebih Enak dari Sashimi

Dibuat dengan Bumbu Khas Indonesia, Ini Dia 5 Makanan Ikan Mentah yang Lebih Enak dari Sashimi

Hidangan seafood mentah ala Indonesia disajikan dengan beragam bumbu khas nusantara-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Saat ini hidangan seafood atau makanan laut mentah tengah ramai dicari, selain menawarkan rasa yang nikmat dan juga segar, sebagian orang masih banyak yang penasaran dengan makanan yang satu ini. 

Hidangan seafood mentah yang mungkin sering kamu dengar adalah sashimi dari Jepang. Namun sebenarnya, Indonesia juga punya banyak hidangan seafood atau ikan mentah yang dimasak dengan cara tradisonal khas masyarakat Indonesia dan tak kalah nikmat dan menarik daripada sashimi. 

Hidangan seafood mentah ala Indonesia disajikan dengan beragam bumbu khas nusantara. Berikut ini beberapa hidangan seafood mentah dan fermentasi khas Indonesia yang bisa kamu coba:

 1. Naniura, Sumatera Utara 


Naniura, Sumatera Utara -Pinterest -

Naniura adalah sajian ikan mentah khas masyarakat Batak yang sangat disukai semua kalangan karena rasanya yang lezat dan aromatik. Hidangan ini bisa kamu temukan di Danau Toba, Sumatera Utara. Biasanya masyarakat Batak sering menggunakan ikan mas untuk membuat naniura. 

BACA JUGA:Lebih Nikmat, Mengenyangkan dan Hemat, Coba Resep Mie Gacoan yang Bikin Nagih

Naniura ini disajikan dengan menggunakan bumbu halus berwarna kuning. Ikan mas mentah atau yang disebut Dekke dibersihkan duri dan lendirnya terlebih dahulu. Lalu dimatangkan dengan cara direndam dalam air jeruk purut. 

2. Rusip, Bangka Belitung


Rusip, Bangka Belitung -Pinterest -

Hidangan seafood mentah selanjutnya adalah rusip. Rusip adalah sejenis sambal tradisional khas Bangka Belitung. Sambal ini dibuat dari ikan yang difermentasi. 

Sekilas rupa sajian ini memang tidak menarik, warnanya keruh dengan bau menyengat. Sambal ini biasa dibuat dari ikan bilis.  Rusip difermentasi dengan gula merah, air kerak nasi, garam, dan jeruk kunci. 

Rusip biasa dimakan dengan daun singkong, daun kangkung, timun, terong, atau lalapan lainnya. Selain rusip, ada juga sambal fermentasi udang rebon bernama kecalo atau calok di Bangka Belitung. Menggugah Selera di Timur Nusantara Artikel Kompas.id 

BACA JUGA:Resep, Cara Membuat, dan Tips Membuat Bolu Kukus untuk Hidangan Berbuka

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: