Inilah Manfaat Donor Darah bagi Wanita

Inilah Manfaat Donor Darah bagi Wanita

Manfaat donor darah bagi wanita tidak hanya terbatas pada kesehatan fisik saja, tetapi juga memiliki dampak positif pada kesehatan mental.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Ternyata manfaat donor darah tak hanya dapat membantu orang-orang yang membutuhkan transfusi darah, lho! Yuk, simak berbagai fakta dan beragam manfaat lainnya untuk kesehatan di artikel ini, Mendonorkan darah secara rutin memiliki banyak manfaat kesehatan, tidak hanya bagi penerimanya, tapi juga bagi pendonornya. Berikut manfaat donor darah bagi wanita:

BACA JUGA:Tips Ampuh Cara Menghilangkan Bau Ketiak, Bye Bau Badan!

1. Menjaga kesehatan jantung
Mendonorkan darah  secara teratur juga dapat membantu melancarkan aliran darah sehingga mengurangi penyumbatan arteri. Penelitian telah menunjukkan bahwa melakukan donor darah secara teratur dapat secara drastis mengurangi risiko terkena serangan jantung atau stroke

Pasalnya, dengan melakukan donor darah berarti kamu turut serta dalam menjaga kadar zat besi tetap terkendali. Seperti yang diketahui, tingginya jumlah zat besi dalam darah sering kali membatasi arteri darah, meningkatkan risiko serangan jantung, dan menyebabkan penyakit yang dikenal sebagai hemochromatosis (kelebihan zat besi). 

Mengurangi simpanan zat besi tambahan dengan proses mengeluarkan darah melalui donor darah sama dengan kamu membantu arteri untuk memiliki lebih banyak ruang untuk bekerja dan menjaga denyut dan aliran darah tetap stabil, sehingga menurunkan risiko serangan jantung.

BACA JUGA:Pola Tidur Bifasik: Ini Manfaat dan Cara Menerapkannya!

2. Mengurangi risiko terkena kanker
Selain menjaga kesehatan jantung, donor darah juga dapat membantu mengurangi risiko terkena stroke. Sebagaimana yang dijelaskan pada sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of National Cancer Institute. Studi tersebut menemukan bahwa seringnya donor darah memiliki risiko lebih rendah terkena kanker hati, paru-paru, usus besar, perut, dan tenggorokan.

Stroke adalah kondisi serius yang terjadi ketika pasokan darah ke otak terganggu dan ini dapat disebabkan oleh sumbatan pembuluh darah yang mengarah ke otak. Dengan mendonorkan darah, kamu akan membantu tubuh dalam mengurangi jumlah sel darah merah dalam tubuh, sehingga mengurangi risiko terbentuknya gumpalan darah. Gumpalan darah adalah salah satu faktor risiko utama untuk stroke.

3. Meningkatkan imunitas tubuh
Manfaat donor darah bagi wanita selanjutnya yaitu dapat meningkatkan imunitas tubuh.Ketika kamu mendonorkan darah, tubuh  perlu menggantikan sel darah yang telah hilang. Kondisi ini akan  mendorong produksi sel darah baru, termasuk sel darah putih yang berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh.

BACA JUGA:Olahraga Malam Bisa Menurunkan Berat Badan? Ini Faktanya

Dengan meningkatnya jumlah sel darah putih, tubuh menjadi lebih siap dalam melawan infeksi dan penyakit. Wanita yang mendonorkan darah secara teratur memiliki sistem kekebalan yang lebih kuat, sehingga lebih tahan terhadap penyakit-penyakit menular.

4. Menjaga berat badan
Melakukan donor darah secara rutin juga dapat membantu kamu dalam mengontrol berat badan. Hal ini bermanfaat bagi mereka yang mengalami obesitas dan berisiko lebih tinggi terkena penyakit kardiovaskular dan gangguan kesehatan lainnya. 

Selain itu, donor darah juga dapat membantu kamu menjaga pola makan yang sehat. Pasalnya, sebelum mendonorkan darah, kamu harus menjalani pemeriksaan kesehatan, termasuk pengukuran berat badan. Proses pemeriksaan ini lah yang dapat memotivasi kamu untuk menjaga berat badan yang sehat karena kamu ingin tetap memenuhi syarat untuk mendonorkan darah. Namun, donor darah tidak boleh dilakukan terlalu sering dan kamu dapat berkonsultasi dengan dokter sebelum mendonorkan darah untuk menghindari masalah kesehatan.

BACA JUGA:Ini Dia Bahaya Makanan yang Mengandung Gluten

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: