Jangan Digaruk, Begini Cara Mempercepat Penyembuhan Jika Terkena Cacar Air

Jangan Digaruk, Begini Cara Mempercepat Penyembuhan Jika Terkena Cacar Air

Cacar air, juga dikenal sebagai varicella, adalah penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi virus varicella-zoster-Pinterest -

2. Mandi secara rutin dengan air hangat

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan tidak malas mandi menggunkan air hangat. Mandi secara teratur dengan air hangat dan menggunakan sabun lembut dapat membantu membersihkan kulit dan meringankan gatal-gatal. 

BACA JUGA:Kenali 6 Manfaat Tamanu Oil untuk Wajah dan Cara Menggunakannya

Hindari penggunaan air panas yang dapat menyebabkan kulit lebih kering dan iritasi. Kamu juga bisa menambahkan penggunaan sabun antiseptik saat mandi.

Saat mandi gosok tubuh secara perlahan agar lepuhan berisi cairan yang ada di permukaan kulit tidak pecah.

3. Rutin mengganti pakaian

Cara mencegah cacar air bertambah banyak adalah dengan menjaga kebersihan tubuh sebaik mungkin. Nah, salah satunya adalah dengan rutin mengganti pakaian. 

Ganti baju yang kamu kenakan minimal dua hingga beberapa kali sehari untuk memblokir pergerakan virus menyebar ke bagian tubuh lainnya.

BACA JUGA:Ingin Berkomunikasi dengan Khodam Pendamping, Ini Caranya

4. Hindari pakaian ketat

Selain rutin mengganti baju saat terkena cacar air, sebaiknya kamu mengenakan pakaian yang longgar dan berbahan lembut untuk mengurangi gesekan pada kulit yang terkena cacar air. Pakaian ketat dapat membuat gatal dan iritasi menjadi lebih parah.

5. Jaga kebersihan kulit

Menjaga kebersihan kulit yang terkena cacar air sangat penting untuk mencegah infeksi sekunder. Bersihkan lepuhan dengan hati-hati menggunakan air hangat dan sabun lembut. 

Hindari menggosok kulit terlalu keras, cukup tepuk-tepuk lembut dengan handuk bersih setelah mandi. Dengan begitu kulit akan cepat mengering dengan sendirinya. 

6. Gunakan lotion atau krim antihistamin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: