Sejumlah Titik Lokasi di Kota Bengkulu Terendam Banjir, Pemerintah Turun Tangan

Sejumlah Titik Lokasi di Kota Bengkulu Terendam Banjir, Pemerintah Turun Tangan

Titik Lokasi di Kota Bengkulu Terendam Banjir-(istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Hujan deras yang mengguyur Kota Bengkulu mulai Jumat malam hingga Sabtu pagi ini 6 Juli 2024 mengakibatkan terjadi banjir di beberapa titik di Kota Bengkulu

Beberapa diantaranya yang terdoak banjir yakni RT 11 Kelurahan Jembatan Kecil, RT 09 Kelurahan Tanah Patah, RT 08 Kelurahan Sukarami, RT 10 Kelurahan Dusun Besar, Lingkar Barat, Jalan Gedang dan lokasi lainnya. 

OPD terkait yakni BPBD dan Dinas Sosial bersama tim Taruna Siaga Bencana (Tagana) turun langsung ke lokasi banjir untuk membantu mengevakuasi warga beserta barang berharganya. 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bengkulu menyiagakan beberapa personel yang berjaga selama 24 jam di beberapa titik rawan banjir.

BACA JUGA:Pelaku Pembudidaya Ikan di Kota Bengkulu Dapat Bantuan Pakan dan Alat Perikanan

Kemudian, BPBD juga menyiapkan perahu karet, logistik dan posko darurat sebagai tempat mengungsi bagi masyarakat yang terdampak banjir. 

BPBD juga menginformasikan kepada masyarakat untuk segera menghubungi BPBD jika terjadi genangan air, agar personel bisa segera mendatangi lokasi dan mengambil tindakan yang diperlukan. 

"Masyarakat diimbau untuk terus waspada dan siap siaga, terutama selama curah hujan tinggi menyelimuti Kota Bengkulu," jelas Kalaksa BPBD Will Hopi. 

Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu tak tinggal diam, BPBD, Damkar, PUPR, Dinsos dan OPD terkait langsung terjun ke lapangan untuk mengecek kondisi dan membantu evakuasi warga. Warga turut siaga melihat cuaca ekstrem yang terjadi dan berharap hujan segera berhenti. 

BACA JUGA:Ratusan Personel Disiapkan Untuk Amankan Festival Tabut 2024

"Semua OPD terkait kembali turun ke lapangan, entah itu mengecek kondisi atau membantu evakuasi warga. Kita juga khawatir hujan tak kunjung berhenti membuat debit air kembali naik dan merendam rumah warga. Untuk itu kita standby diberbagai lokasi," ungkap Will Hopi.

Ia mengimbau warga untuk siaga, karena ditakutkan air akan terus naik dan menyebabkan genangan air setinggi pinggang orang dewasa ataupun lebih. 

Sebelumnya, Will juga mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi banjir yang bisa terjadi akibat tingginya curah hujan pada malam hari dalam beberapa hari terakhir. Masyarakat diminta untuk waspada terutama saat tertidur, mengingat potensi banjir bisa terjadi tanpa disadari. 

Hingga pagi ini, BPBD dan Dinsos bersama tim Tagana masih berada di lapangan membantu warga sekaligus melakukan pendataan terkait banjir. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: