Pelaku Pembudidaya Ikan di Kota Bengkulu Dapat Bantuan Pakan dan Alat Perikanan

Pelaku Pembudidaya Ikan di Kota Bengkulu Dapat Bantuan Pakan dan Alat Perikanan

Salah satu budidaya ikan sistem bioflok di Bengkulu-(istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Bengkulu segera mendistribusikan sejumlah bantuan kepada para pembudidaya ikan di wilayah tersebut guna mengakomodasi kebutuhan pelaku usaha perikanan melalui bantuan sarana dan prasarana usaha perikanan.

Kepala DKP Kota Bengkulu Tarzan Naidi di Bengkulu menyebutkan untuk bantuan yang akan disalurkan terdiri dari 130 karung pakan dan 30 waring roll (jaring) untuk mendukung kegiatan pembudidayaan ikan di daerah.

"Saat ini bantuan masih dalam proses pengadaan dan verifikasi terhadap sejumlah kelompok yang telah mengajukan permohonan," ujar dia.

Kemudian DKP Kota Bengkulu akan menyalurkan bantuan sebanyak 103 timbangan dan 426 keranjang kepada pihak pengolahan ikan di kota Bengkulu. 

Tarzan menerangkan bantuan yang akan diberikan untuk menopang  peningkatan pendapatan dan perekonomian pembudidaya ikan melalui peningkatan produksi dan produktivitas para pelaku usaha budi daya tambak, budi daya kolam, serta budi daya karamba di wilayah Kota Bengkulu.

 BACA JUGA:Ratusan Personel Disiapkan Untuk Amankan Festival Tabut 2024

"Bantuan ini dapat segera disalurkan kepada para penerima pada akhir atau paling lambat awal Agustus 2024. Penyaluran bantuan dilakukan guna memberikan manfaat maksimal bagi pengembangan sektor perikanan di Kota Bengkulu," katanya.

Sementara itu hingga saat ini sebanyak 2.926 pelaku usaha perikanan seperti nelayan, pengelolaan ikan, pembudidaya telah terdaftar dalam Program Kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan (Kusuka) di Kota Bengkulu.

"Penerima Program Kartu Kusuka terdiri dari tiga sektor yaitu pembudidaya, pengelolaan, dan nelayan. Ada 2.926 orang pelaku usaha perikanan yang telah terdaftar di aplikasi Kusuka," sebutnya.

Untuk masyarakat yang telah terdaftar dalam Program Kusuka tersebut dapat mencetak sendiri sementara waktu guna memenuhi persyaratan seperti penerimaan bantuan dan lainnya.

BACA JUGA:BPBD Kota Bengkulu Usulkan Anggaran Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pasca Bencana ke Pusat

Saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu terus melakukan pendataan seluruh nelayan di wilayah tersebut agar menerima Program Kusuka. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: