Dipuja Para Wanita, Simak Dulu 7 Bahaya Catokan Rambut Untuk Kesehatan, No 7 Harus Diwaspadai

Dipuja Para Wanita, Simak Dulu 7 Bahaya Catokan Rambut Untuk Kesehatan, No 7 Harus Diwaspadai

Catokan rambut adalah alat yang digunakan untuk merapikan atau meluruskan rambut dengan panas tinggi yang sering kali dipuja para wanita-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Catokan rambut adalah alat yang digunakan untuk merapikan atau meluruskan rambut dengan panas tinggi yang sering kali dipuja para wanita. 

Tujuan para wanita menggunakan catokan ini adalah untuk mendapatkan rambut yang lebih rapi, lurus dan bahkan ada jenis catokan yang khusus untuk menghasilkan rambut bergelombang. 

Meskipun memberikan hasil yang diinginkan dalam sekejap, penggunaan catokan rambut secara berlebihan atau tidak benar dapat menyebabkan beberapa bahaya bagi kesehatan rambut dan kulit kepala. 

Meskipun banyak catokan terbaru yang menjanjikan aman untuk rambut dan tidak memberikan efek samping, namun pada kenyataannya tetap saja bisa berdampak buruk bagi rambut.

BACA JUGA:Sudah Jarang Ditemui, Inilah 9 Manfaat Buah Rukem untuk Kesehatan

Lantas, seperti apa bahaya catokan rambut jika tidak digunakan secara tepat? Berikut penjelasan yang perlu kamu ketahui. 

1. Meningkatkan Kekeringan Rambut

Bahaya pertama dari penggunaan catok dan paling sering terjadi adalah setiap helai rambut nantinya akan menjadi sangat kering.

Hal ini disebabkan karena catok rambut merusak dan memecah setiap helai batang rambut sehingga kelembaban alami yang ada dalam rambut akan hilang. 

Tanda rambut mulai mengalami kekeringan parah bisa terlihat dari perubahan rambut menjadi lebih kusam, kusut saat disisir dan rambut menjadi keriting jika sedang tidak menggunakan catokan bahkan juga digunakan secara terus menerus bisa menjadi penyebab rambut gimbal karena terlalu kering.

BACA JUGA:Tips Memahami Fobia Sosial dan Cara Tepat Mengatasinya

2. Alergi Kulit Kepala

Panas yang berlebihan dari catokan juga bisa membakar kulit kepala, terutama jika digunakan terlalu dekat dengan kulit atau terlalu sering. Ini dapat menyebabkan iritasi, ketombe, atau bahkan luka bakar dn alergi  ringan. 

Hawa sangat panas yang ditimbulkan dari catokan nantinya juga bisa menyebabkan alergi pada kulit kepala seperti timbul rasa gatal, kulit kepala yang melepuh dan diikuti dengan kerontokan rambut yang menjadi reaksi paling umum dari alergi kulit kepala karena catok. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: