Disdukcapil Kebut Perekaman e-KTP Ribuan Pemilih Potensial untuk Ikuti Pilkada 2024

Disdukcapil Kebut Perekaman e-KTP Ribuan Pemilih Potensial untuk Ikuti Pilkada 2024

Loket pelayanan Dukcapil Kota Bengkulu-(istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Bengkulu telah melakukan perekaman kepada 3.413 pemilih pemula jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Hingga saat ini, Disdukcapil terus berupaya untuk melakukan perekaman KTP elektronik di setiap sekolah yang ada di Kota Bengkulu. 

Untuk itu, Dukcapil berharap agar pihak sekolah ikut mendukung program jemput bola yang dilakukan oleh Dukcapil.

"Kami bekerjasama dengan pihak sekolah untuk melakukan perekaman data kartu tanda penduduk (KTP) elektronik, perekaman tidak hanya dilakukan untuk anak usia 17 tahun tetapi juga usia 16 tahun namun memasuki 17 tahun," ujar Kepala Dinas Dukcapil Kota Bengkulu Widodo, Senin 1 Juni 2024.

BACA JUGA:4 Peserta Lelang Jabatan Dinkes Ikuti Tahapan Penulisan Makalah, 1 Peserta Tak Hadir

Widodo juga menjelaskan, percepatan perekeman KTP ini sebagai langkah tepat agar saat mendekati Pilkada 2024 nanti, seluruh masyarakat sudah bisa menggunakan hak suaranya.

Kemudian, Widodo juga memastikan ketersediaan blangko KTP elektronik (e-KTP) bagi pemilih pemula menjelang Pilkada 2024 aman.

"Alhamdulillah, untuk pelaksanaan Pilkada terkait dengan ribbon dan blangko semuanya dinyatakan cukup," jelas Widodo.

Berkaitan dengan ini, Dukcapil juga terus mendorong penggunaan Identitas Kependudukan Digital (IKD), apalagi IKD ini sangat diminati kalangan remaja termasuk pemilih pemula. 

Diketahui, Dukcapil Provinsi Bengkulu mencatat, jumlah pemilih pemula pada daftar penduduk potensial pemilu (DP4) untuk Pilkada 2024 di wilayah tersebut mencapai 63.900 orang.

Targetnya, perekaman data KTP elektronik untuk pemilih pemula akan selesai sebelum pelaksanaan Pilkada 2024 yang digelar pada November. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: