Simak 9 Tips Ampuh Menggoreng Ikan agar Tidak Lengket di Wajan

Simak 9 Tips Ampuh Menggoreng Ikan agar Tidak Lengket di Wajan

Tips menggoreng ikan agar tidak lengket di wajan-Pinterest -

Selain penambahan garam, menambahkan tepung terigu ke dalam minyak juga dapat menghindari percikan minyak saat menggoreng dan tentunya dapat menjadi anti lengket alami yang menghindari kulit atau daging ikan menempel di wajan.

Cukup tambahkan sedikit tepung terigu saat minyak sedang dipanaskan dan tunggu hingga tepung larut dan tercampur bersama minyak.

5. Hindari membumbui ikan dengan gula atau kecap manis

Bumbu yang mengandung gula seperti kecap manis sebaiknya dihindari dalam proses marinasi ikan. Sebab, gula atau kecap manis akan menjadi karamel ketika menempel di wajan dan membuat ikan menjadi lengket. 

Bekas kecap manis tersebut juga akan sulit dibersihkan dari wajan. Opsi yang bisa kamu gunakan adalah marinasi dengan kecap asin atau kecap ikan. Tetapi, pastikan bumbu marinasi tersebut ditiriskan dengan benar sebelum ikan masuk penggorengan.

BACA JUGA:Sulit Tidur Karena Cek Khodam , Inilah Pengertian, Jenis-jenis, dan Cara Mengetahui Khodam

6. Panaskan wajan kosong terlebih dahulu

Tips menggoreng ikan agar tidak lengket selanjutnya adalah dengan memanaskan wajan terlebih dahulu. Tujuan memanaskan wajan adalah untuk memastikan bahwa peralatan yang digunakan sudah benar-benar kering. 

Sebab, jika masih lembap atau terdapat air, hal inilah yang akan memicu letupan-letupan minyak ketika ikan digoreng.

7. Masukkan minyak dan panaskan

Saat menggoreng ikan sebaiknya menggunakan teknik deep frying dengan menggunakan minyak dalam jumlah yang cukup banyak sehingga ikan dapat terendam di dalam minyak. 

Pastikan minyak yang digunakan sudah benar-benar panas saat mulai menggoreng agar ikan matang merata dengan sempurna. Jika kamu memilih untuk tidak menggunakan teknik deep frying, berarti kamu hanya akan memasukkan minyak goreng secukupnya ke wajan. 

BACA JUGA:Suka Olahraga Menyelam? Ini Manfaatnya dan Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan

Tunggu beberapa saat, kemudian kamu bisa menambahkan beberapa opsi bahan lainnya seperti garam, tepung terigu, atau jahe, untuk meminimalisir kulit dan daging ikan terlepas dan lengket di wajan.

8. Menambahkan sedikit perasan lemon ke minyak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: