Sering Dianggap Sepele, Berikut 9 Dosa Suami Kepada Istri

Sering Dianggap Sepele, Berikut 9 Dosa Suami Kepada Istri

Sembilan dosa suami kepada istri yang sering dianggap sepele-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

Dosa suami terhadap istri yang berikutnya adalah membenci istrinya. Ini berarti suami memiliki perasaan tidak suka yang berkelanjutan terhadap istri, meskipun istrinya telah bersikap baik kepadanya.

"Janganlah seorang suami yang beriman membenci istrinya yang beriman. Jika dia tidak menyukai satu akhlak darinya, dia pasti meridhoi akhlak lain darinya," (HR Muslim).

BACA JUGA:Lakukan 2 Amalan Ringan Ini Setelah Sholat Fardhu, Syekh Ali Jaber: Semua Dosa Diampuni

BACA JUGA:Dosa Zina Berkali-kali Dihapuskan, Ustaz Abdul Somad Jelaskan 3 Syaratnya

3. Tak Mengajarkan Ilmu Agama

Dosa suami terhadap istri berikutnya adalah tidak mengajarkan ilmu agama kepada istri dan anak-anaknya. Ini merupakan kewajiban bagi suami.

Suami wajib menjaga diri dan keluarganya dari pedihnya siksa kubur dan api neraka dengan memberikan ilmu agama.

Dalam Al Qur'an Surah At-Tahrim ayat 6, Allah berfirman yang artinya:

"Wahai orang-orang yang beriman! Peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, dan keras, yang tidak durhaka kepada Allah terhadap apa yang Dia perintahkan kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan,".

Mengacu pada ayat tersebut, kewajiban seorang suami adalah mengajarkan akhlak yang baik kepada istri dan anak-anaknya. Jika hal ini tidak dilakukan, maka akan dicatat sebagai dosa besar bagi suami.

4. Tak Membantu Pekerjaan Rumah Tangga

Dosa suami terhadap istri yang satu ini mungkin terdengar sepele, tetapi suami yang tidak membantu istri dalam pekerjaan rumah tangga juga telah melakukan dosa.

Karena merasa sudah memenuhi nafkah lahiriah, banyak suami menjadi malas membantu istri di rumah.

Padahal, tugas seorang istri sangatlah berat. Rasulullah SAW juga telah memberikan contoh dengan membantu istri dalam pekerjaan rumah tangga.

"Beliau (Rasulullah) membantu pekerjaan istrinya dan jika datang waktu sholat maka beliau pun keluar untuk sholat," (HR Bukhari).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: