Amalan Hari Raya Idul Adha, Ustaz Adi Hidayat: Amalkan Agar Dapat Pahala Senilai Jihad Fi Sabilillah

Amalan Hari Raya Idul Adha, Ustaz Adi Hidayat: Amalkan Agar Dapat Pahala Senilai Jihad Fi Sabilillah

Ustaz Adi Hidayat jelaskan amalan yang setara jihad fi sabilillah di hari raya Idul Adha-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

"Dari sholat Ied kalau sudah shalat mendengarkan khutbah shalat, Anda pulang maka sunnahnya Anda makan," terang Ustaz Adi Hidayat.

BACA JUGA:Benarkah yang Akan Berkurban Dilarang Potong Kuku dan Rambut, Berikut Penjelasan Ustaz Adi Hidayat

BACA JUGA:Bolehkah Berkurban untuk Orang yang Sudah Meninggal, Berikut Penjelasan Ustaz Adi Hidayat

2. Makan Daging Hewan Kurban

Ustaz Adi Hidayat menjelaskan bahwa sunnah untuk memakan daging dari hewan kurban setelah sholat Idul Adha sesuai dengan tindakan Nabi Muhammad SAW yang membatalkan puasanya dengan cara tersebut.

"Adapun sunnah Nabi kalau bisa dilakukan sampai pulang ke tempat tujuan kemudian yang pertama beliau makan hasil dari sembelihannya," terang Ustaz Adi Hidayat.

Ustaz Adi Hidayat menyarankan agar menu makanan pertama yang disantap setelah sholat Idul Adha adalah hasil penyembelihan hewan kurban.

"Jadi kalau makan yang lebih sunnah lagi pertama kali dicicipi adalah daging hewan kurban yang telah kemudian dimasak dan dimasak terlebih dahulu," kata Ustaz Adi Hidayat.

Hal ini berdasarkan pandangan Mazhab Maliki dan Hambali yang memperbolehkan pekurban untuk memakan daging hewan kurbannya sendiri.

Namun demikian, mereka juga harus menyedekahkan dan memberikan bagian dari daging kurban kepada orang fakir miskin.

Dalil yang mendukung praktik ini terdapat dalam Al-Quran, Surat Al-Hajj ayat 36, yang menganjurkan untuk memakan daging hewan kurban dan memberikan sebagian kepada orang yang membutuhkan, sebagaimana firman Allah SWT yang artinya:

"....Makanlah sebagiannya dan berilah makan orang yang merasa cukup dengan apa yang ada padanya (tidak meminta-minta) dan orang yang meminta..." (QS Al-Hajj :36).

BACA JUGA:Ingin Pahala Diupgrade Langsung oleh Allah SWT, Berikut Penjelasan Ustaz Adi Hidayat

BACA JUGA:Jangan Sedekah dengan Orang Ini, Ustaz Adi Hidayat: Hidup Akan Terjepit dan Sulit

3. Mengenakan Pakaian Terbaik dan Minyak Wangi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: