Kendala Anggaran, Pemkab Mukomuko Tak Sediakan Hewan Kurban untuk Idul Adha 2024

Kendala Anggaran, Pemkab Mukomuko Tak Sediakan Hewan Kurban untuk Idul Adha 2024

Kepala Bagian (Kabag) Kesra Setdakab Mukomuko, Amri Kurniadi, S.Ag-(istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko membuat keputusan mengejutkan untuk tidak menyediakan hewan kurban pada perayaan Idul Adha 2024.

Keputusan ini diambil karena keterbatasan anggaran dari masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD), yang sebelumnya berperan dalam pengadaan hewan kurban.

Kepala Bagian (Kabag) Kesra Setdakab Mukomuko, Amri Kurniadi, S.Ag., mengungkapkan bahwa tahun ini pemerintah daerah tidak mampu menyembelih hewan kurban seperti yang dilakukan tahun lalu. 

"Kalau tahun lalu, masing-masing OPD patungan dana untuk membeli ternak. Tapi tahun ini, OPD sudah menyatakan ketidaksanggupannya. Makanya Idul Adha kali ini, Pemkab Mukomuko tidak menyembelih hewan kurban," kata Amri.

BACA JUGA:Mukomuko Tingkatkan Kesiapsiagaan Bencana dengan Dokumen Kontinjensi Gempa-Tsunami

Meski demikian, Amri menyatakan bahwa sejumlah pejabat dan ASN tetap akan membeli hewan ternak untuk kurban, namun atas nama pribadi, bukan atas nama pemerintah daerah.

"Yang ada atas nama pribadi pejabat maupun ASN. Kalau atas nama pemerintah daerah, sampai hari ini belum ada," tambahnya.

Amri juga meminta maaf kepada seluruh masyarakat Kabupaten Mukomuko atas ketidakmampuan pemerintah daerah untuk menyediakan hewan kurban tahun ini.

 Ia berharap, kondisi ini tidak akan mengurangi makna dan momentum hari raya Idul Adha yang akan dirayakan umat Muslim minggu depan.

BACA JUGA:Dinas Pertanian Mukomuko Intensif Periksa Hewan Kurban Jelang Idul Adha

 "InsyaAllah, kalau tahun ini tidak ada. Mungkin tahun depan ada. Yang jelasnya, ini semuanya disebabkan karena kondisi keuangan," pungkasnya. (end)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: