Waspada! Simak 6 Jenis Modus Penipuan Online

Waspada! Simak 6 Jenis Modus Penipuan Online

Modus penipuan Online-Pinterest -

Pasti kamu akan tergiur bila ada penawaran diskon yang cukup besar, bukan? Namun, kamu harus mulai curiga kalau penawaran tersebut tidak berasal dari toko resmi.

Bahkan, ada embel-embel lain, seperti harus membayar terlebih dahulu, meminta informasi pribadi, dan diberikan link yang bukan situs aslinya. Lebih baik tetap belanja hanya di situs resmi dan toko official di marketplace. 

5. Penipuan bea cukai 

Modus satu ini juga marak terjadi. Penipu bisa saja mengaku dari Bea Cukai dan ekspedisi pengiriman dengan tujuan meminta biaya tambahan untuk mengeluarkan barang dari otoritas.

6. Mengirimkan pesan palsu

Biasanya, penipu akan mengirimkan sebuah link via aplikasi chat. Bila kamu membuka link tersebut, kamu akan diminta mengisi data, dari password, PIN, dan OTP. 

Jadi, pastikan untuk tidak memberikan data pribadi kamu kepada siapa pun, ya!

BACA JUGA:Tips Beragam Cara Mengencangkan Payudara Kendur

6. Penipuan berhadiah 

Kamu pun perlu berhati-hati bila mendapatkan penawaran mendapatkan hadiah yang cukup besar dengan cara yang mudah. Misalnya,  kamu diminta untuk klik like di media sosial untuk mendapatkan uang ratusan juta.

Biar tidak terhindar dari penipuan tersebut, kamu perlu memeriksa kembali kebenarannya melalui situs resmi.

Itu dia beberapa jenis modus penipuan secara online. Penipuan digital atau penipuan online marak terjadi di sekitar kita.

Apalagi kini aktifitas online masyarakat kian meningkat, bisa dibilang hampir semuanya bisa dilakukan dengan cepat dan mudah secara online. Oleh karena itu, ada baiknya melakukan pengecekkan terhadap tindakan yang dilakukan secara online. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: