Alami Kutu Air? Simak 5 Bahanlami Alternatif Mengatasi Kutu Air Pada Tangan

Alami Kutu Air? Simak 5 Bahanlami Alternatif Mengatasi Kutu Air Pada Tangan

Ilustrasi - Kutu air pada tangan-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Salah satu permasalahan kulit yang sering dialami oleh sebagian orang adalah kutu air. kutu air sering kali muncul di tangan sering terjadi akibat lupa mencuci tangan setelah menyentuh daerah kulit yang terinfeksi jamur, misalnya kutu air di kaki dan penyakit kurap di kulit. 

Jamur penyebab kutu air mudah ditransfer dari kontak kulit ke kulit. Hanya menyentuh orang yang terinfeksi membuat Anda rentan tertular. Jamur lebih senang tinggal di tempat yang lembap dan bagian kulit yang tipis. 

Selain itu, jika Anda memiliki infeksi jamur di tempat lain pada tubuh seperti paha atau kaki, Anda akan lebih berisiko. Itulah sebabnya kutu air di tangan kerap menyerang sela-sela jari dan telapak tangan yang sering berkeringat. 

Jamur penyebab kutu air di tangan bisa mudah menular melalui menyentuh barang-barang orang lain yang terinfeksi, misalnya sikat rambut, tempat tidur atau handuk. 

Risiko meningkat jika salah satu penggunanya jelas-jelas memiliki penyakit jamur baik pada kulit ataupun tangan dan kaki. Orang yang memiliki kulit sensitif karena menderita dermatitis atau eksim juga lebih rentan terkena.

BACA JUGA:Ingin Diet Berhasil, dr Zaidul Akbar Sarankan Minum Pembakar Lemak Ini Setiap Hari

Oleh karena itu penting untuk mengetahui bagaimana cara mengobati kutu airt yang ada di tangan. Ada sejumlah bahan alami yang mudah dijumpai jika Anda ingin mengobati kutu air ditangan dengan cara yang sederhana, nerikut bahan-bahan alami yang dapat Anda gunakan. 

1. Tea tree oil

Minyak pohon teh merupakan agen anti-jamur yang efektif yang dapat membunuh infeksi dan mencegah penyebaran. Sediakan semangkuk air dan tambahkan 10 tetes minyak tea tree oil. Rendam tangan Anda selama 10 menit, lalu keringkan. Anda juga dapat menggosok beberapa tetes minyak pohon teh yang diencerkan ke area tangan yang terinfeksi.

2. Singkong

Kandungan sianida pada singkong ternyata ampuh dalam membunuh jamur penyebab kutu air. Caranya dengan menempelkan daging singkong yang sudah dihaluskan pada area yang terkena. Kemudian, diamkan hingga mengering. Untuk hasil yang maksimal, kamu dapat menggunakannya setiap hari sebanyak satu kali dalam sehari.

BACA JUGA:Terbuat Dari Bahan Campuran Alami, Simak 8 Manfaat Body Butter untuk Kesehatan Kulit

3. Cuka sari apel dan garam

bahan alami selanjutnya yang dapat Anda gunakan untuk mengobati kutu air ditangan adalah cuka apel dan garam. Infeksi jamur tidak dapat bertahan hidup dalam kondisi asam. Itulah sebabnya cuka sari apel cukup efektif mengusir jamur di tangan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: