Tips Memulai Budidaya Ikan Gabus di Kolam Tanah

Tips Memulai Budidaya Ikan Gabus di Kolam Tanah

Tips budidaya ikan gabus di kolam tanah-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

Setelah mendapatkan benih ikan gabus, langkah-langkah perawatan berbeda dengan cara budidaya lele. Berikut adalah langkah-langkah untuk merawat benih ikan gabus agar menjadi bibit ikan yang baik dan berkualitas:

BACA JUGA:Tips Memulai Budidaya Ikan Gabus di Kolam Beton

BACA JUGA:Tips Budidaya Ikan Gabus Dalam Drum Plastik

-  Pemeliharaan di Kolam Tanah

Setelah dua hari berlalu, Anda dapat mulai memberi makanan sebanyak 3 kali dalam sehari. Makanan yang dapat diberikan adalah nauplii artemia. Pada usia benih sekitar 5 hari, Anda bisa memberikan makanan tambahan lain seperti daphnia. 

Jangan lupa untuk selalu membersihkan air dengan mengganti airnya setiap 4 hingga 5 hari sekali.

-  Pemeliharaan Hingga Bibit Ikan Gabus

Lanjutkan proses pemeliharaan hingga benih tumbuh menjadi bibit ikan gabus. Sekitar dua minggu kemudian, Anda dapat menghentikan proses pemeliharaan. Setelah itu, Anda sudah bisa menyebar benih pada kolam budidaya ikan gabus yang sudah disiapkan.

3.  Perawatan dan Panen Ikan Gabus

Untuk perawatan ikan gabus sangatlah mudah dan sederhana, berbeda dengan budidaya gurame. Anda hanya perlu memperhatikan pakan dengan baik. Setelah menebar bibit, biarkan selama kurang lebih 2 hari sebelum mulai memberinya makan dengan tepung pelet sebanyak 2 kg. 

Berikut langkah pemeliharaan dalam cara budidaya ikan gabus hingga panen:

- Pemberian Pakan Tambahan

Perhatikan pemberian pakan tambahan seperti rayap, ikan teri, dan sisa ampas dapur. Ketika ikan gabus sudah agak besar, Anda bisa memberinya pakan seperti daging ikan hingga anak ayam untuk menambah protein serta kalori.

- Pemberian Makan Rutin

Berilah makan ikan secara rutin dan jangan sampai terlambat, karena ikan gabus dapat memakan sesamanya. Ketika ikan gabus sudah berukuran agak besar, Anda sudah bisa mulai memanennya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: