Sering DiJadikan Manisan, Inilah 6 Manfaat Buah Cermai untuk Kesehatan

Sering DiJadikan Manisan, Inilah 6 Manfaat Buah Cermai untuk Kesehatan

Manfaat buah cermai bagi kesehatan-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Buah cermai mungkin masih terdengar asing ditelinga. Ada beragam manfaat buah cermai bagi kesehatan, mulai dari mendukung fungsi saluran pencernaan hingga mengontrol kadar gula darah.

Buah cermai yang memiliki nama latin Phyllanthus Acidos adalah buah yang termasuk ke dalam golongan buah beri. Buah ini berbentuk bulat berwarna hijau terang, dan memiliki rasa yang asam. 

Dahulu, cermai lazim diolah menjadi manisan buah, namun kini untuk menemukan buah tersebut saja bisa dikatakan sulit karena jarang yang menjualnya. Padahal, buah cermai adalah buah yang secara manfaat tak kalah besar jika dibandingkan dengan buah-buahan lainnya. 

Manfaat buah cermai tersebut tidak lepas dari kandungan sejumlah zat di dalamnya, seperti: Zat besi Seng Kalsium Fosfor Polifenol Tannin Riboflavin Thiamin Vitamin A Vitamin B kompleks Vitamin C Zat-zat tersebut memiliki fungsinya masing-masing, mulai dari antioksidan, anti-inflamasi, hingga anti-bakteri. 

Oleh sebab itu, Anda sangat dianjurkan untuk turut mengonsumsi buah cermai demi tubuh yang sehat dan tidak mudah terserang penyakit. Ragam manfaat yang dimiliki buah cermai berasal dari beragam nutrisi penting yang terkandung di dalamnya. 

BACA JUGA:Diperkaya Kandungan Vitamin C Terbaik, Inilah 7 Manfaat Air Lemon bagi Kesehatan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, manfaat buah cermai bagi kesehatan diperoleh dari beragam nutrisi di dalamnya. Beragam manfaat tersebut meliputi:

1. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Mengonsumsi buah cermai secara rutin juga bisa menyehatkan sistem pencernaan Anda sehingga dapat meminimalisir risiko gangguan sistem pencernaan seperti konstipasi (sembelit), diare, radang usus, dan sebagainya. 

Khasiat buah cermai yang satu ini tidak lepas dari kandungan serat di dalamnya. Sebagaimana diketahui, gangguan pada sistem pencernaan identik dengan kurangnya asupan serat ke dalam tubuh. Oleh karena itu, cukupi asupan serat harian Anda dengan mengonsumsi buah cermai salah satunya.

BACA JUGA:Kantung Mata Hitam Bisa Jadi Tanda Ginjal Bermasalah, dr Zaidul Akbar Bagikan Cara Mengatasinya

2. Menekan produksi asam lambung

Buah cermai dipercaya dapat menekan produksi asam lambung, sehingga konsumsinya bermanfaat dalam mencegah kambuhnya dispepsia. Hal ini diduga berkat kandungan kalium di dalamnya yang bisa menetralkan asam. Meski begitu, manfaat tersebut masih perlu diteliti lebih lanjut.

3. Baik untuk penderita diabetes

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: