Jangan Sampai Salah Pilih, Inilah 7 Cara Memilih Sunscreen yang Tepat Sesuai Jenis Kulit

Jangan Sampai Salah Pilih, Inilah 7 Cara Memilih Sunscreen yang Tepat Sesuai Jenis Kulit

Sunscreen merupakan produk perawatan wajah yang berguna untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari-Pinterest -

Sunscreen bertekstur lotion cocok untuk hampir semua jenis kulit. Pasalnya sunscreen jenis ini mudah diaplikasikan, tetapi memerlukan waktu untuk meresap dengan baik ke dalam kulit.

Gel sunscreen sangat cocok untuk kamu yang memiliki kulit beminyak karena teksturnya yang sangat ringan. Sunscreen bertekstur gel ini juga lebih cepat meresap jika dibandingkan dengan lotion.

Sunscreen bertekstur krim cocok untuk kamu yang memiliki kulit kering. Sebab, tekstur krim bersifat lebih melembapkan jika dibandingkan tekstur lainnya.

Sunscreen spray menjadi pilihan yang cocok jika kamu tipe yang anti ribet. Cara memakai sunscreen ini hanya dengan menyemprotkannya ke bagian tubuhmu. Sangat mudah dan anti ribet, bukan?

BACA JUGA:Sayang Untuk Dilewatkan, Inilah 5 Manfaat Asparagus Bagi Kesehatan

3. Hindari Sunscreen dengan Kandungan Oxybenzone dan PABA

Beberapa bahan dalam sunscreen, seperti oxybenzone dan para-aminobenzoic (PABA) dapat menyebabkan reaksi alergi atau iritasi pada kulit. Terlebih lagi jika kamu memiliki kulit yang sensitif.

Selain itu, hindari juga sunscreen yang mengandung benzophenones, paraben, dan parfum. Sebab, ketiganya dapat menimbulkan kemerahan dan sensasi terbakar pada kulitmu yang sensitif.

Nah, jika kamu masih tidak yakin dengan kandungan bahan di dalam sunscreen yang akan kamu beli. Cara memilih sunscreen yang tepat adalah dengan melihat adanya label seperti ‘hypoallergenic’ atau ‘for sensitive skin’.

4. Pastikan Sunscreen Oil-Free dan Non-Comedogenic

Jika kamu memiliki kulit yang berminyak atau rentan terhadap jerawat, penting bagi kamu untuk memilih sunscreen yang oil-free dan non-comedogenic. Hal ini untuk menghindari tersumbatnya pori-pori yang dapat memicu munculnya jerawat.

BACA JUGA:Ganggu Kepercayaan Diri, Simak Penyebab Terjadinya Stretch Mark dan Cara Mencegahnya

5. Pilih Sunscreen dengan SPF dan PA

Cara memilih sunscreen selanjutnya adalah dengan menentukan SPF dan PA. SPF atau sun protection factor  adalah ukuran yang mengindikasikan sejauh mana sunscreen melindungi kulitmu dari kerusakan akibat sinar UV B. Sementara PA atau protection grade of UV A adalah angka indikator terhadap perlindungan sinar UV A.

6. Pertimbangkan Tinted Sunscreen

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: