Resmi Dilantik, 27 Anggota Panwascam Harus Paham Tugas di Pilkada 2024

Resmi Dilantik, 27 Anggota Panwascam Harus Paham Tugas di Pilkada 2024

27 Anggota Panwascam Harus Paham Tugas di Pilkada 2024-(istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Bengkulu melantik 27 anggota panitia pengawas kecamatan (Panwascam) untuk pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.

Puluhan Panwascam tersebut dilantik untuk turut serta menyukseskan jalannya Pilkada Kota Bengkulu yang tinggal beberapa bulan lagi.

"Sudah dilantik 27 Panwascam untuk persiapan pemilihan gubernur, wakil gubernur, wali kota dan wakil wali kota di Kota Bengkulu," kata Ketua Bawaslu Kota Bengkulu Rahmat Hidayat, Jumat 24 Mei 2024.

Pada pelantikan tersebut, 27 anggota Panwascam juga diberikan bimbingan teknis terkait tugas mereka pada pelaksanaan Pilkada 2024 seperti dari kejaksaan, kepolisian hingga Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu.

BACA JUGA:Bawaslu Kota Bengkulu Umumkan Panwascam Terpilih Pilkada 2024, Berikut Nama-namanya

Terang dia, dengan diberikannya bimbingan teknis tersebut, para anggota Panwascam dapat memahami dan menjalankan tugasnya dengan baik.

Diketahui sebelumnya, Bawaslu Kota Bengkulu beberapa waktu lalu membuka rekrutmen kembali delapan calon anggota Panwascam untuk Pilkada 2024.

Dibukanya kembali rekrutmen tersebut setelah pihaknya menetapkan 19 orang eksisting sebagai Panwascam pada Pilkada 2024.

"Dari yang mendaftarkan tersebut (pada tahap pertama perekrutan) dari 27 yang mendaftar, dan ada beberapa yang tidak mendaftar kembali. Sehingga pada hari H portofolio diminta itu pun masih ada yang tidak memberikan sehingga ada 19 orang yang lulus," ujar Rahmat.

BACA JUGA:KPU Ajukan Pencairan Sisa Dana Hibah 60 Persen ke Pemkot Bengkulu

Rekrutmen Panwascam untuk Pilkada 2024 difokuskan di enam wilayah yang kekurangan anggota seperti Kecamatan Gading Cempaka, Kecamatan Kampung Melayu.

Kemudian Kecamatan Muara Bangkahulu, Kecamatan Ratu Agung, Kecamatan Ratu Samban dan Kecamatan Teluk Segara, sedangkan tiga kecamatan yaitu Kecamatan Singaran Pati, Kecamatan Sungai Serut dan Kecamatan Selebar telah memenuhi kebutuhan.

Dengan kian dekatnya tahapan Pilkada Kota Bengkulu November 2024, Arie berharap agar Panwaslu Kecamatan terlantik untuk pedomani regulasi yang berlaku. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: