Ganggu Kepercayaan Diri, Simak Penyebab Terjadinya Stretch Mark dan Cara Mencegahnya

Ganggu Kepercayaan Diri, Simak Penyebab Terjadinya Stretch Mark dan Cara Mencegahnya

Stretch mark adalah salah satu permasalahan bagi kebanyakan wanita terlebih usai hamil-Pinterest -

Hal utama yang perlu diperhatikan untuk mencegah stretch mark adalah menjaga berat badan. Pasalnya, stretch mark paling sering disebabkan oleh pertambahan berat badan secara cepat terutama pada ibu hamil.  

Oleh sebab itu, jagalah bobot tubuh Anda dalam kondisi stabil. Jika ingin menurunkan berat badan, lakukan juga secara bertahap. Usahakan agar berat badan tidak berkurang lebih dari ½  kilogram per minggu.

2. Menerapkan pola makan sehat

Untuk menjaga berat badan tentulah menerapkan pola makan yang sehat menjadi salah satu pendukung terpenting. Makanan sehat dan segar juga dapat menjaga kulit tetap sehat, sehingga munculnya stretch mark bisa dihindari. 

Biasakan untuk mengonsumsi makanan yang kaya dengan vitamin E, vitamin C, protein, dan zinc, sehingga kolagen kulit Anda bisa bertambah.

BACA JUGA:Terkenal Sebagai Obat Herba Tradisional, Inilah 5 Manfaat Ginseng untuk Kesehatan

3. Menjaga asupan cairan

Hal yang selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mencegah sretch mark adalah minum cukup air. Dengan melakukan hal tersebut Anda dapat membantu menjaga kelembapan dan kelembutan kulit Anda.

Pasalnya, kulit yang terhidrasi dengan baik memiliki risiko yang lebih kecil untuk mengalami stretch mark daripada kulit kering. Sebaiknya, kurangi juga konsumsi minuman berkafein, seperti kopi, karena ini juga bisa meningkatkan risiko munculnya stretch mark. 

Bila Anda sulit untuk mengurangi asupan kafein, pastikan Anda menyeimbangkannya dengan minum cairan bebas kafein.

4. Menggunakan krim penghilang stretch mark 

Selain mencegah, ada juga beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menyamarkan atau meminimalisasi stretch mark, antara lain menutupinya dengan krim atau kosmetik khusus, menggunakan krim penghilang stretch mark, atau melakukan chemical peeling, terapi laser, dan operasi kecantikan.

Stretch mark sebenarnya tidak berbahaya dan dapat hilang seiring waktu sehingga tidak membutuhkan penanganan dan perawatan khusus. 

Namun, jika stretch mark membuat Anda sangat terganggu karena alasan-alasan tertentu, Anda dapat mengonsultasikan hal ini kepada dokter spesialis kulit.

BACA JUGA:Terkenal Sebagai Obat Herba Tradisional, Inilah 5 Manfaat Ginseng untuk Kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: