Berisiko Hilang Kendali, Kenali 7 Tanda Transmisi Mobil Manual yang Bermasalah

Berisiko Hilang Kendali, Kenali 7 Tanda Transmisi Mobil Manual yang Bermasalah

Transmisi adalah suatu komponen yang wajib ada di sebuah mobil. Fungsinya untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda.-Pinterest -

3. Muncul Bunyi 

Tanda selanjutnya yang bisa Anda perhatikan adalah  adanya bunyi mendengung pada transmisi mobil manual, maka hal tersebut merupakan salah satu tanda transmisi yang rusak. 

Jika transimisi manual mengalami gangguan maka akan terdengan suara dengung yang timbul merupakan indikasi dari benturan antar komponen transmisi. Segera cek ke bengkel terdekat apabila terjadi demikian.

4. Timbul Getaran atau Guncangan

Selain muncul bunyi pada kendaraan, hal yang juga perlu diperhatikan jika transmisi bermasalah adalah timbulnya getaran atau guncangan ketika kopling dilepas. 

Hal ini biasanya terjadi akibat komponen plat kopling, roda gilam atau matahari yang tidak rata. Dengan demikian, tenaga yang disalurkan dari mesin ke transmisi tidak mulus.

BACA JUGA:Intip 7 Tips Mudah Merawat Interior Mobil agar Berjamur dan Berbau

5. Muncul Bau Terbakar

Tanda lain yang dapat terlihat adalah munculnya bau terbakar pada interior mobil bisa jadi tanda transmisi mobil ada masalah. Hal ini biasanya disebabkan karena kualitas oli transmisi yang tidak bagus, volume pelumas yang terlalu sedikit, atau kebocoran oli.

Pelumas tidak hanya berfungsi melancarkan pergerakan komponen, namun menstabilkan temperatur komponen yang dilumasi. Jika terjadi demikian, maka segera cek volume dan ada tidaknya kebocoran pada oli.

6. Lampu Indikator Check Engine Menyala

Lampu indikator dapat menjadi salah satu tanda yang dapat terlihat karena lampu indikator akan menyala ketika terdapat kerusakan pada transmisi. Jika lampu indikator check engine menyala, maka umumnya ada kerusakan pada transmisi manual. Segera periksakan kendaraan apabila lampu indikator tersebut menyala.

BACA JUGA:Intip 7 Tips Mudah Merawat Interior Mobil agar Berjamur dan Berbau

7. Gear Slip

Tanda terakhir yang tidak boleh disepelkan adalah mobil kerap mengalami gear slip, pasalnya kondiri tersebut juga bisa menjadi tanda transmisi mobil manual yang rusak. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: