Kenali Tanda-Tanda Kemunculan Gigi Pertama Bayi dan Cara Mengatasi Gejalanya

Kenali Tanda-Tanda Kemunculan Gigi Pertama Bayi dan Cara Mengatasi Gejalanya

Kemunculan gigi pertama atau gigi susu menjadi tahap penting dalam proses tumbuh kembang bayi-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kemunculan gigi pertama atau gigi susu menjadi tahap penting dalam proses tumbuh kembang bayi. Hal yang sudah biasa dialami ibu saat gigi pertamanya muncul adalah bayi yang rewel, bayi akan merasa tidak nyaman, dan sering menangis tanpa alasan yang jelas.

Banyak yang belum mengetahui terlebih ibu muda, waktu kemunculan gigi pertama bayi bisa berbeda-beda. Namun, gigi susu biasanya muncul pertama kali saat bayi berusia 6-8 bulan. 

Pertumbuhan gigi susu umumnya berlangsung hingga usia 3 tahun. Pada usia tersebut, biasanya gigi susu sudah lengkap berjumlah 20.

Ada sejumlah tanda-tanda kemunculan gigi pertama pada bayi dan bagaimana cara menangani bayi yang rewel pada kondisi tersebut. Agar tidak penasaran, ayo cari tahu jawabannya dengan menyimak penjelasan di bawah ini. 

BACA JUGA:Solusi Perawatan Wajah Alami, Ini Dia 5 Manfaat Saffron untuk Kesehatan Wajah

Tanda-Tanda Kemunculan Gigi Pertama Bayi 

Proses pertumbuhan gigi pertama bayi dikenal dengan istilah teething syndrome. Saat gigi susu mulai tumbuh, bayi akan menunjukkan beberapa tanda yang biasanya berlangsung sekitar 8 hari. Tanda-tanda munculnya gigi pertama bayi meliputi:

1. Susah makan

Salah satu tanda yang paling umum bisa dilihat saat gigi Si Kecil tumbuh untuk pertama kalinya adalah perubahan nafsu makan. Tumbuhnya gigi susu akan menyebabkan gusi sobek sehingga terasa sakit, dan mengonsumsi makanan akan membuat gigi dan gusinya semakin terasa sakit. Inilah alasan bayi jadi susah makan ketika tumbuh gigi.

2. Mulai suka menggigit

Pada fase ini, bayi selalu ingin menggigit benda-benda di sekitarnya. Hal ini terjadi karena bayi merasa sakit di gusinya. Dia memerlukan sesuatu untuk digigit guna mengurangi rasa nyeri tersebut.

BACA JUGA:Kenali Kandungan, Manfaat, dan Cara Mengolah Pepaya untuk Menjaga Kesehatan Kulit

3. Jumlah air liur meningkat

Iritasi pada gusi saat gigi pertama tumbuh membuat produksi air liur meningkat, sehingga bayi jadi ngeces. Nah, saat Si Kecil sering ngeces karena gigi pertamanya mau tumbuh, Bunda harus rajin membersihkan air liur yang menetes dari mulutnya, agar tidak menyebabkan iritasi atau ruam kulit di sekitar mulut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: