Kaca Spion Mudah Rusak? Simak Cara Memperbaiki Spion Motor yang Mudah Longgar

Kaca Spion Mudah Rusak? Simak Cara Memperbaiki Spion Motor yang Mudah Longgar

Spion kendaraan, baik di mobil dan motor, umumnya digunakan untuk melihat area belakang dengan mudah agar dapat berkendara secara aman-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kaca spion pada motor merupakan salah satu kelengkapan yang harus ada karena memiliki peranan yang sangat penting demi keamanan dalam berkendara. 

Hal yang sering menjadi permasalahan dalam menggunakan spion terutama pada spion motor adalah mudah longar, lepas, dan rusak. Tentu kondisi tersebut akan mengganggu pengendara saat sedang melakukan perjalanan. 

Spion kendaraan, baik di mobil dan motor, umumnya digunakan untuk melihat area belakang dengan mudah agar dapat berkendara secara aman.

Selain itu, spion menjadi alat bantu berkendara yang penting dalam mengurangi risiko kecelakaan. Lantas, bagaimana cara memperbaiki kaca spion yang rusak? Yuk, simak ulasan berikut ini. 

Cara Memperbaiki Kaca Spion Yang Longgar 

Jika spion menjadi longgar, maka dapat mengurangi efektivitasnya dan bahkan dapat menjadi potensi risiko kecelakaan. 

BACA JUGA:Simak Fitur Unggulan Wuling Formo, MPV Terbaru Segmen Light Commercial Vehicle

Oleh karena itu, penting bagi para pengendara motor untuk mengetahui cara memperbaiki spion motor yang longgar. Berikut adalah cara memperbaiki spion motor yang longgar:

  • Pemeriksaan Awal

Matikan mesin motor dan pastikan kendaraan berada dalam kondisi stabil. Usahakan untuk memarkir motor di permukaan datar dan aman.

  • Pengecekan Baut Pengikat

Gunakan alat kunci yang sesuai untuk melepas baut pengikat spion. Periksa kondisi baut, jika longgar, kencangkan dengan hati-hati, tetapi pastikan tidak terlalu kencang sehingga tidak merusak bagian lain.

  • Pemeriksaan Pengait Spion

Cek kondisi pengait spion untuk melihat apakah ada tanda-tanda keausan atau kerusakan. Ganti jika diperlukan dengan pengait yang baru dan lebih tahan lama.

BACA JUGA:Ini Dia 5 Manfaat Cover Mobil: Jaga Mobil Tetap Terawat dan Bebas Korosi

  • Pengecekan Kembali Kekencangan

Pastikan semua baut dan pengait telah dipasang dengan kencang, tetapi hindari over-tightening yang dapat merusak bagian atau memperpendek umur baut.

  • Uji Coba Fungsional

Hidupkan mesin dan uji coba spion dengan menggerakkannya ke berbagai arah. Perhatikan apakah spion tetap kokoh dan stabil selama perjalanan.

  • Pemeliharaan Rutin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: