Agar Sedekah Menjadikan Hidup Kita Bahagia, Ustaz Khalid Basalamah Jelaskan Petunjuk Sesuai Syariat

Agar Sedekah Menjadikan Hidup Kita Bahagia, Ustaz Khalid Basalamah Jelaskan Petunjuk Sesuai Syariat

Ustaz Khalid Basalamah bagikan cara agar sedekah bisa membuat hidup kita bahagia-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

Sebaliknya, jika konsep dasar sedekah sesuai petunjuk syariat Islam dipahami dengan baik, maka hidup akan terasa lapang dan bahagia. Hal ini karena harta akan bertambah dan diberkahi karena adanya sedekah.

Di jalanan, seringkali kita melihat orang-orang yang meminta-minta. Ustadz Khalid Basalamah menyebut hal ini sebagai peluang untuk bersedekah.

Namun, tidak sedikit yang mengabaikan para pengemis tersebut. Dan jika ada yang memberi sedekah, seringkali nominalnya kecil dan dilakukan dengan kurang sopan.

"Apa susahnya kita mengemas sedekah kita dengan akhlak yang baik, tanpa bersikap atau bersifat sesuatu yang tak terpuji," papar Ustaz Khalid Basalamah.

Sedekah termasuk amalan yang luar biasa, karena banyak di antara umat Islam yang percaya bahwa sedekah dapat menyembuhkan penyakit, mempermudah diterimanya doa oleh Allah, serta memudahkan urusan-urusan mereka.

Ustaz Khalid Basalamah menambahkan bahwa ada anjuran untuk bersedekah bagi kaum muslimin, meskipun dalam kondisi pas-pasan.

Hal ini merupakan bentuk kemuliaan diri dan jiwa, karena bersedia berbagi apa yang dimiliki kepada orang lain.

"Orang yang gemar bersedekah akan memiliki sifat penyayang dan pengasih, secara otomatis akan menghilangkan sifat pelit atau bakhil dalam hidupnya, serta akan lebih mudah untuk memaafkan," kata Ustaz Khalid Basalamah.

Seorang muslim tidak perlu menunggu menjadi kaya untuk bisa bersedekah. Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa siapa pun yang membangun sebuah masjid, maka Allah akan membangunkan baginya sebuah istana di surga.

BACA JUGA:3 Waktu Doa yang Paling Mustajab Saat Bulan Ramadhan, Ustaz Khalid Basalamah Beberkan Rahasianya

BACA JUGA:Bolehkah Anak Diajarkan Puasa Setengah Hari, Ini Kata Ustaz Khalid Basalamah

Rasulullah SAW juga meringankan tuntunan tersebut dengan menyatakan bahwa Allah akan memberikan pahala kepada siapa pun yang bersedekah untuk membangun rumah Allah di muka bumi, meskipun hanya sebesar sarang burung.

"Artinya sesuai dengan kemampuan, walaupun Anda tidak mampu membangun utuh semuanya, misal satu mesjid dibangun seharga Rp 1 miliar, Anda hanya punya Rp 100.000 atau Rp 1 juta sesuai kemampuan dan Anda masukkan kotak amal yang akan digunakan untuk pembangunan mesjid maka sudah cukup Anda mendapatkan istana di surga," kata Ustaz Khalid Basalamah.

Begitu juga dengan hadits tentang memberi makanan untuk berbuka puasa. Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa barang siapa yang memberi makanan untuk berbuka puasa kepada orang yang berpuasa, maka dia akan mendapatkan pahala yang setara dengan orang yang berpuasa tersebut.

Memberi makanan untuk berbuka puasa tidak harus dalam porsi yang lengkap. Sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW, Allah akan memberikan pahala kepada orang yang memberi makanan untuk berbuka puasa, meskipun hanya sepotong kurma atau seteguk air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: