Bolehkah Menggabung Puasa Syawal dengan Senin Kamis, Berikut Penjelasan Ustaz Khalid Basalamah

Bolehkah Menggabung Puasa Syawal dengan Senin Kamis, Berikut Penjelasan Ustaz Khalid Basalamah

Ustaz Khalid Basalamah jelaskan hukum menggabung puasa syawal dengan senin kamis-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

"Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh," (HR. Muslim).

"Puasa di bulan Syawal pahalanya sama dengan setahun, satu tahun adalah 365 hari, bayangkan kita disuruh puasa 365 hari, cukup berat, untuk mengejar pahala setahun," ungkap Ustaz Khalid Basalamah.

Namun, Allah yang Maha Pemurah dan Maha Tinggi memberikan kemudahan kepada umat Islam melalui petunjuk Rasulullah SAW, bahwa dengan hanya menunaikan puasa enam hari di bulan Syawal, seseorang bisa mendapatkan pahala setahun.

Dalam pelaksanaannya, puasa Syawal bisa dilakukan secara bertahap, misalnya dua hari di minggu pertama, dua hari di minggu kedua, dan seterusnya hingga mencapai total enam hari.

Ustaz Khalid Basalamah mengingatkan agar umat Islam menepis was-was setan yang dapat menghalangi mereka untuk berpuasa, dan mengajak untuk tetap konsisten dalam menjalankan ibadah ini.

Kaum muslimin, saat mendapatkan was-was dari setan, disarankan untuk mengucapkan:

BACA JUGA:Bolehkah Anak Diajarkan Puasa Setengah Hari, Ini Kata Ustaz Khalid Basalamah

BACA JUGA:Dijamin Tak akan Lagi Pusing Masalah Rezeki, Simak Penjelasan Ustadz Khalid Basalamah Berikut

أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

(A'udhu billahi min ash-shaytan ir-rajim).

Artinya:

"Aku berlindung kepada Allah dari setan yang terkutuk,".

Itulah penjelasan Ustaz Khalid Basalamah tentang boleh tidaknya menggabung puasa syawal dengan puasa Senin Kamis. Semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: