Ingin Mendapatkan Malam Lailatul Qadar, Ustaz Khalid Basalmaha Sarankan Perbanyak Ibadah Ini

Ingin Mendapatkan Malam Lailatul Qadar, Ustaz Khalid Basalmaha Sarankan Perbanyak Ibadah Ini

Ustaz Khalid Basalamah jelaskan amalan uang bisa membuat kita mendapatkan malam lailatul qadar-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

BACA JUGA:Ingin di Gandeng Rasulullah SAW ke Surga Firdaus, Ustadz Khalid Basalamah: Amalkan Zikir Pendek Ini

Ini termasuk melakukan puasa wajib, menunaikan sholat fardhu, melaksanakan sholat sunnah pada malam hari atau qiyamul lail, serta menjalankan amalan-amalan lainnya yang dianjurkan dalam Islam.

Hal tersebut disampaikan Ustaz Khalid Basalamah dalam suatu ceramah yang videonya diunggah oleh kanal Youtube Khalid Basalamah Official.

"Tapi memang di 10 hari terakhir bulan Ramadhan ada keistimewaan secara khusus yaitu sholat malam di malam-malam ganjil terutama malam 27 Ramadhan," ungkap Ustaz Khalid Basalamah

Ustaz Khalid Basalamah menjelaskan bahwa di Masjidil Haram di Mekkah dan Masjid Nabawi di Madinah, selama 10 hari terakhir Ramadan, dilaksanakan sholat Tarawih sebanyak 20 rakaat tanpa Witir.

Sholat Tarawih ini biasanya dilaksanakan sekitar tengah malam, kemudian diikuti oleh sholat Tahajud dengan jumlah rakaat antara 11 hingga 13.

Selain itu, Ustaz Khalid Basalamah juga menganjurkan untuk melakukan i'tikaf selama 10 hari terakhir Ramadan.

Ustaz Khalid Basalamah mencontohkan bahwa Rasulullah Muhammad SAW sendiri selalu melakukan i'tikaf di waktu tersebut, bahkan pada tahun terakhir hidupnya, beliau melakukan i'tikaf selama 20 hari berturut-turut.

Selanjutnya, disarankan untuk memperbanyak membaca doa sebagaimana yang diriwayatkan dalam hadits berikut

"Dari ‘Aisyah  radhiyallahu ‘anha-, ia berkata, “Aku pernah bertanya pada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, yaitu jika saja ada suatu hari yang aku tahu bahwa malam tersebut adalah lailatul qadar, lantas apa do’a yang mesti kuucapkan?” Jawab Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Berdo’alah: Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu’anni (artinya: Ya Allah, Engkau Maha Memberikan Maaf dan Engkau suka memberikan maaf menghapus kesalahan, karenanya maafkanlah aku, hapuslah dosa-dosaku )," (HR Tirmidzi dan Ibnu Majah).

BACA JUGA:Amalkan Doa Berikut Ini, Ustadz Khalid Basalamah: Hutang Lunas dan Rezeki Lancar

BACA JUGA:Agar Rezeki Datang dengan Melimpah, Ustadz Khalid Basalamah Sarankan Amalan Ini

"Selain itu, usahakan kerjakan semua amal shaleh, bersedekah, membaca Alquran, dan lainnya, agar tidak luput dan dapat meraih malam Lailatul Qadar perbanyak ibadah di seluruh 10 hari terakhir, bahkan lebih dikencangkan," pesan Ustaz Khalid Basalamah.

Kemudian hadits lain menjelaskan

"Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memasuki sepuluh hari terakhir (bulan Ramadhan), beliau mengencangkan sarungnya (untuk menjauhi para istri beliau dari berjimak), menghidupkan malam-malam tersebut dan membangunkan keluarganya," (HR Bukhari dan Muslim).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: