Tips Tinggalkan Mobil Saat Mudik Lebaran, Lakukan Agar Mobil Tidak Rusak dan Tetap Aman

Tips Tinggalkan Mobil Saat Mudik Lebaran, Lakukan Agar Mobil Tidak Rusak dan Tetap Aman

Tips agar mobil aman dan tidak mengalami kerusakan usai mudik lebaran.-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Ada berbagai transportasi yang bisa Anda gunakan saat mudik lebaran. Sebagian orang ada yang memilih menggunakan transportasi umum ketimbang kendaraan pribadi saat mudik Lebaran. 

Alasannya biasanya karena tidak mau repot urusan kendaraan di jalan, apalagi kalau sampai terkena masalah seperti macet total. Nah, biasanya, mobil akan ditinggal di rumah selama ritual mudik berlangsung. 

Jika Anda memiliki penjaga rumah, urusan perawatan mobil bisa dititipkan kepada mereka. Namun kalau tidak ada, Anda harus mempersiapkan beberapa hal supaya mobil tidak bermasalah.

Hal ini tidak bisa disepelekan karena penting mengingat mobil akan ditinggal dalam jangka waktu lama. Ada potensi masalah seperti kemalingan, aki soak, kemasukan hewan liar, dan lainnya. 

Lantas, apa saja yang harus disiapkan supaya mobil aman di rumah saat ditinggal mudik?

BACA JUGA:Ini Dia Arti Logo R di Busi NGK, Bukan Racing Dan Khusus Untuk Motor Injeksi

  • Cuci Mobil Sebelum Berangkat

Cuci bersih bagian luar mobil dari atap hingga kolong dan pastikan tidak ada kotoran tertinggal. Pastikan pula bodi dan kaca mobil kering untuk mencegah water spot. 

Cek bagian-bagian tersembunyi seperti celah gril, tutup tangki bensin, dan hendel pintu yang biasanya menjadi tempat sembunyi air.

Lanjutkan bersih-bersih ke bagian dalam mobil. Anda bisa menggunakan vacum cleaner untuk membersihkan debu, terutama bagian kolong kabin. 

Keluarkan karpet dan cuci hingga bersih, pastikan kering supaya tidak meninggalkan bau. Periksa jangan sampai ada remah makanan tersisa yang dapat memancing hewan liar seperti semut atau tikus. 

Pastikan pula tidak ada sampah tertinggal di dalam mobil yang dapat busuk dan bau. Jangan lupa untuk membersihkan bagasi mobil.

BACA JUGA:Fenomena Mesin Diesel yang Tidak Terkendali, Ini Langkah Pencegahannya

  • Keluarkan Barang Pribadi dari Dalam Mobil

Sembari itu, keluarkan barang pribadi seperti surat-surat mobil, kartu etol, kacamata, power bank, dan barang berharga lainnya untuk menghindari masalah seperti kemalingan atau kebakaran. 

Simpan semuanya di tempat aman supaya tidak bikin bingung ketika akan digunakan kembali.

  • Simpan Mobil di Dalam Garasi Rumah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: