Puasa Jadi Lebih Sering Cegukan? Begini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Puasa Jadi Lebih Sering Cegukan? Begini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Cegukan saat puasa dapat terjadi ketika otot diafragma mengalami kontraksi secara tiba-tiba-freepik.com -

Manuver valsalva umumnya dilakukan untuk meredakan keluhan telinga yang terasa penuh. Namun, terdapat penelitian yang menyebutkan bahwa cara ini pun dapat menghentikan cegukan.

Sama seperti cara sebelumnya, manuver valsalva juga dapat merangsang saraf vagus, sehingga dapat membantu meredakan cegukan.

Untuk melakukannya, Anda hanya perlu menarik napas yang dalam, lalu tutup hidung dan mulut.

Dorong perlahan menggunakan otot perut seperti hendak melakukan buang air besar selama 15 detik. Tunggu hingga 1 menit sebelum Anda mengulangi cara tersebut.

BACA JUGA:Ini Dia Obat Alami Batuk yang Patut Dicoba Di Rumah

3. Menarik lidah

Cegukan saat puasa juga dapat diredakan dengan cara menarik lidah. Saat Anda melakukannya, saraf dan otot di tenggorokan akan terangsang, sehingga cara ini dapat membantu mengatasi penyebab cegukan saat puasa.

Untuk melakukannya, Anda hanya perlu menarik lidah dengan lembut sebanyak 1–2 kali saat cegukan berlangsung.

4. Memijat arteri karotis

Arteri karotis adalah sepasang pembuluh darah di leher yang berfungsi untuk mengalirkan darah ke otak dan wajah.

Anda dapat memijat kedua pembuluh darah tersebut untuk meredakan cegukan saat puasa. Hal ini dapat membuat Anda lebih relaks sehingga cegukan bisa mereda lebih cepat.

Anda dapat melakukannya dalam posisi berbaring dengan menengokkan kepala ke arah kiri. Setelah itu, pijat arteri di sisi kanan dengan gerakan berputar selama 5–10 detik.

Selain melakukan cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya cegukan, Anda juga disarankan untuk melakukan berbagai upaya pencegahan agar cegukan saat puasa tidak dialami secara berulang.

BACA JUGA:Cegah Mabuk Perjalanan Saat Mudik Lebaran! Berikut 10 Rekomendasi Obat Ampuh Mabuk Perjalanan

Setelah mengetahui sejumlah informasi mengenai cegukan saat puasa, Anda kini mengetahui bahwa mengonsumsi air putih bukanlah satu-satunya penanganan yang dapat dilakukan, sehingga Anda tidak perlu lagi kebingungan jika mengalami cegukan saat puasa. Semoga membantu, ya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: