Puasa Jadi Lebih Sering Cegukan? Begini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Puasa Jadi Lebih Sering Cegukan? Begini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Cegukan saat puasa dapat terjadi ketika otot diafragma mengalami kontraksi secara tiba-tiba-freepik.com -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Siapa yang sering mengalami cegukan? Saat puasa cegukan lebih sering terjadi, hal seperti ini sering kali menimbulkan masalah dan dilema. 

Pasalnya, jika seseorang mengalami cegukan, umumnya bisa diatasi dengan minum air, cara ini tidak bisa dilakukan saat sedang berpuasa. 

Kini tidak perlu khawatir, ada cara lain yang juga ampuh untuk meredakan cegukan tanpa membatalkan puasa. Penasarankan bagaimana cara mengatasinya? Yuk, simak penjelasan berikut ini. 

Cegukan saat puasa dapat terjadi ketika otot diafragma mengalami kontraksi secara tiba-tiba. Otot ini memiliki peran yang penting dalam proses pernapasan. 

Pada kondisi normal, otot difragma akan turun saat Anda menghirup udara dan akan naik kembali saat mengembuskan napas.

BACA JUGA:Agar Amarah Hilang, Termasuk Saat Menghadapi Orang Marah, Amalkan Doa Berikut Ini

Cegukan Saat Puasa, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya 

Cegukan saat puasa yang terjadi beberapa jam setelah sahur, kemungkinan besar masih berkaitan dengan makanan yang sebelumnya dikonsumsi. 

Namun, jika dialami pada siang hari atau menjelang waktu berbuka, umumnya peningkatan asam lambung adalah penyebabnya. Kondisi ini bisa dipicu oleh kondisi perut yang kosong, bahkan stres.

Penyebab Cegukan Saat Puasa

Dikutip dari laman alodokter.com mengatakan cegukan dapat terjadi ketika otot diafragma mengalami kontraksi tanpa disengaja dan tiba-tiba.

Hal ini menyebabkan udara masuk ke dalam paru-paru terlalu cepat sehingga katup pita suara (glotis) tertutup dan menimbulkan suara “hik”.

Cegukan umumnya dipicu oleh kebiasaan dan pilihan makanan maupun minuman yang dikonsumsi, termasuk makan terlalu cepat, minum minuman bersoda, atau makan terlalu banyak. 

BACA JUGA:Bisa Dicoba! Inspirasi Menu Vegetarian yang Sesuai Lidah Lokal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: