Peringati Nuzulul Qur'an, Pemprov Bengkulu Ajak Masyarakat Bumikan Al-Qur'an

Peringati Nuzulul Qur'an, Pemprov Bengkulu Ajak Masyarakat Bumikan Al-Qur'an

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu bersama pengurus Masjid Raya Baitul Izzah Kota Bengkulu menggelar peringatan Malam Nuzulul Qur'an 1445 Hijriah pada Rabu (27/3/24)-adv-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu bersama pengurus Masjid Raya Baitul Izzah Kota Bengkulu menggelar peringatan Malam Nuzulul Qur'an 1445 Hijriah pada Rabu (27/3/24).

Acara tersebut dihadiri oleh Asisten I Pemprov Bengkulu, Khairil Anwar, Asisten III RA Denni Bengkulu, serta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda).

Dalam ceramah yang disampaikan oleh Ustaz KH Irham Hasymi, diangkat tema penting mengenai pembumian Al-Qur'an di Bumi Rafflesia.

BACA JUGA:Ada Upaya Penipuan Mengatasnamakan Rekrutmen Bersama BUMN, PLN Imbau Waspadai Pungli dan Cermati Informasi

Khairil mengatakan Nuzulul Qur'an adalah peristiwa turunnya Al-Quran kepada Nabi Muhammad SAW yang terjadi pada malam 17 Ramadan.

Ini merupakan proses turunnya ayat Al-Quran dalam menyempurnakan ajaran Islam sebagai petunjuk bagi umat manusia.

Khairil berharap peringatan ini tidak sekadar seremonial, melainkan masyarakat dapat mengimplementasikan ajaran Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari.

Pemerintah juga aktif dalam program brantas buta huruf di kalangan ASN Pemprov untuk meningkatkan kecakapan baca Al-Qur'an.

BACA JUGA:Di Jakarta, PLN Olah 3,3 Ton FABA dari PLTU Lontar Menjadi Bahan Konstruksi Gardu Distribusi

Ustaz Irham dalam ceramahnya menjelaskan Al-Qur'an sebagai penerangan dan peringatan, menegaskan pentingnya memahami dan mengamalkan isi Al-Qur'an untuk memperbaiki kehidupan.

"Perlu kita membaca, mengamalkan Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari mengingat dalam Al-Qur'an segala aspek kehidupan menjadi penghubung, pengingat dan pembelajaran," kata dia.

Dia juga berpesan akan tanggung jawab orang tua dalam mengajarkan Al-Qur'an kepada anak-anak, mengingat akan ada pertanggungjawaban di akhirat terkait hal ini.

BACA JUGA:Gubernur Rohidin Minta Pemenuhan Hak-Hak Anak Pasca Perceraian Jadi Prioritas

Kemudian berdosa orangtua yang tidak pernah mengajarkan ayat suci Al-Quran kepada anak-anaknya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: