Sahkah Puasa Bila Mandi Junub Setelah Lewat Waktu Subuh? Berikut Penjelasan Buya Yahya

Sahkah Puasa Bila Mandi Junub Setelah Lewat Waktu Subuh? Berikut Penjelasan Buya Yahya

Buya Yahya jelaskan hukum puasa namun belum mandi junub sampai lewat waktu subuh-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

"Assalamu’alaikum Wr. Wb. Buya, saya mau bertanya, bagaimana hukumnya puasa orang yang mandi besar setelah terbit matahari karena tertidur,  lalu bagaimana shalat subuh yang ditinggalkannya," bunyi pertanyaan yang disampaikan kepada Buya Yahya.

Menyikapi hal tersebut, Buya Yahya menyatakan bahwa jika seseorang berada dalam keadaan junub dan kemudian mandi besar setelah adzan Subuh, maka puasanya tetap dianggap sah.

"Orang yang berhadats besar (junub) di malam hari kemudian tidak sempat mandi hingga masuk waktu subuh baik itu karena tertidur atau sengaja menunda mandi sampai subuh, maka puasa orang tersebut adalah tetap sah," tegas Buya Yahya.

Buya Yahya melanjutkan dengan menyatakan bahwa jika seseorang atau pasangan suami istri tertidur dan bangun setelah matahari terbit, maka mereka wajib untuk melakukan shalat Subuh sebagai pengganti (mengqadha).

"Hanya yang perlu diketahui jika ada orang meninggalkan shalat karena teledor dan mengentengkan shalat, maka dosanya sangat besar biarpun bisa diqadha. Marilah kita jaga shalat kita agar terhindar dari murka Allah. Wallahu a’lam bish-shawab," demikian Buya Yahya.

BACA JUGA:Apakah Membuka Aurat atau Melihat Aurat Orang Lain Membatalkan Puasa, Ini Kata Buya Yahya

BACA JUGA:Bolehkan Penderita Asma Menggunakan Inhaler Saat Puasa Ramadhan, Berikut Penjelasan Buya Yahya

Itulah penjelasan Buya Yahya tentang hukum seseorang yang belum mandi junub di bulan puasa sampai waktu sholat subuh sudah lewat. Semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: