Lebih Utama Mana, Zakat Fitrah dengan Uang Atau Beras? Simak Penjelasan Ustaz Adi Hidayat Berikut

Lebih Utama Mana, Zakat Fitrah dengan Uang Atau Beras? Simak Penjelasan Ustaz Adi Hidayat Berikut

Ustaz Adi Hidayat jelaskan zakat fitrah yang utama antara beras dan uang-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

Ketika seseorang diberikan uang, terkadang uang tersebut dipakai tidak untuk membeli makanan tetapi diperuntukkan membeli hal lain.

"Konteksnya ngasih makanan tiba-tiba dikasih uang, dibelikanlah pulsa, orang sekarang lebih baik nggak makan ustaz daripada kehilangan pulsa," ujar Ustaz Adi Hidayat.

Oleh karena itu, Ustaz Adi Hidayat memegang teguh pandangan mayoritas ulama, termasuk Imam Maliki, Imam Syafii, dan Hambali, yang sepakat bahwa zakat fitrah sebaiknya dibayarkan dalam bentuk makanan.

"Karena tujuan pokoknya untuk memberikan kesempatan pada orang yang tak dapat makanan supaya bisa makan dan membatalkan puasanya saat masuk hari raya," jelas Ustaz Adi Hidayat.

BACA JUGA:Saat Bulan Ramadhan, Berapa Kali Rasulullah SAW Khatam Al Qur'an, Berikut Penjelasan Ustaz Adi Hidayat

BACA JUGA:Ternyata Amalan Utama di Bulan Ramadhan Bukan Tarawih, Namun Amalan Ini Kata Ustaz Adi Hidayat

Dalam konteks ini, Ustaz Adi Hidayat menyarankan kepada panitia yang bertanggung jawab atas penerimaan zakat fitrah agar menerima pembayaran zakat dalam bentuk uang, jika memungkinkan, dan kemudian menggunakan uang tersebut untuk membeli makanan yang akan disalurkan kepada yang membutuhkan.

Itulah penjelasan Ustaz Adi Hidayat tentang lebih utama mana membayar zakat fitrah dengan uang atau dengan beras. Semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: