Apakah Merokok Tidak Membatalkan Puasa? Ini Penjelasan Menurut Hadist

Apakah Merokok Tidak Membatalkan Puasa? Ini Penjelasan Menurut Hadist

Merokok dapat membatalkan puasa karena diisap secara sengaja-freepik.com -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Menjadi pertanyaan sebagian orang khususnya kaum laki-laki bagaimana hukum merokok saat puasa. Lantas, apakah boleh merokok saat puasa atau justru hal ini dapat membatalkan puasa?

Pada dasarnya puasa adalah menahan diri dari hal-hal yang membatalkannya, termasuk memasukkan sesuatu ke dalam lubang tubuh secara sengaja.

Apakah merokok membatalkan puasa?

Sudah, diketahui oleh banyak orang pada umumnya merokok termasuk dalam kebiasaan yang membahayakan kesehatan. 

Sebab, masuknya zat beracun dari rokok dapat merusak organ dalam tubuh manusia dan dapat mengakibatkan berbagai penyakit.

BACA JUGA:Fokus dan Tak Mudah Lupa! Begini Cara Meningkatkan Daya Ingat yang Efektif

Terkait konsumsi rokok selama menjalankan ibadah puasa mayoritas ulama menjelaskan bahwa menghirup asap atau uap dari rokok tidak membatalkan puasa. Akan tetapi, jika mengisap rokok maka batal puasanya.

Sama seperti menelan air liur, air liur tidak akan membatalkan puasa jika tidak ada zat yang bercampur dengan air liur. Sebaliknya akan menjadi batal ketika ditelan karena ada zat yang bercampur di dalam air liur

Merokok juga termasuk dalam perkara yang membatalkan puasa karena memasukkan zat-zat rokok secara sengaja ke dalam mulut dan ke paru-paru yang termasuk rongga dalam tubuh.

Selain itu, merokok meski tidak menimbulkan rasa kenyang maupun menghilangkan dahaga, tetapi menimbulkan kenikmatan yang tentunya bertentangan dengan esensi puasa.

Dilansir dari laman NU, dalam kitab Mukhtasor Ahkam ash-Shiyaam Hal.11 dijelaskan mengenai hukum merokok saat berpuasa.

BACA JUGA:Fokus dan Tak Mudah Lupa! Begini Cara Meningkatkan Daya Ingat yang Efektif

"Merokok termasuk dari perkara-perkara yang membatalkan puasa, karena zat-zat rokok masuk ke dalam paru-paru, sedangkan paru-paru termasuk dari rongga."

Hukum merokok saat puasa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: